Sandi Pamungkas, Peraih Beasiswa Generasi Juara TNI AD Universitas Pertamina Tipe A

Natuna Kepri, wartaterkini.newsPendaftaran Beasiswa Generasi Juara TNI AD di Universitas Pertamina dibuka pada 15 Juli – 12 Agustus 2022 lalu. Diketahui, Universitas Pertamina memiliki 15 (lima belas) Program Studi serta 6 (enam) Fakultas pada jenjang Sarjana.

Salah satu penerima beasiswa tersebut adalah Sandi Pamungkas, seorang remaja dari Pulau Terluar tepatnya dari Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Putra anggota TNI ini memang memiliki segudang prestasi baik Akademik dan Non Akademik, di antaranya bidang biologi, pangan, tanaman, dan penelitian.

Prestasinya ditorehkan antara lain sebagai Juara 1 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna pada tahun 2018, 2019, 2020 dan 2021. Kemudian, Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 2021 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Serta Juara 1 Kompetisi Sains Nasional Bidang Geografi Tingkat Kabupaten Natuna.

Prestasi lainnya, Sandi sebagai Juara harapan 1 lomba National Young Inventor Award (NYIA) 2019 di Jakarta, Juara 1 Lomba Police Innovation Award (PIA) 2020 di Jakarta Tingkat Nasional. Juara 1 Satu Indonesia Award (SIA) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 di Jakarta,
Juara harapan 2 lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 2018 Tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2018, dan Juara 1 Kompetisi Sains Nasional Bidang Geografi Tingkat Kabupaten Natuna.

Baca Juga :  Menilik Beasiswa Generasi Juara Universitas Pertamina

Prestasi tingkat internasional, Sandi Juara 1 ajang Africa OCIIP Expo 2020 di Nigeria Afrika, dengan predikat presentasi terbaik dan inovasi terkreatif. Juara 3 Lomba International Korea Science Engineering Fair (KSEF) di Korea Selatan 2020, dan Juara 3 Lomba International Exhibition For Young Inventor (IEYI) di Taiwan 2020.

Sandi merupakan lulusan SMA Negeri 2 Bunguran Timur, Natuna. Dia adalah putra dari Serda Syahrudin, Babinsa Mekar Jaya Koramil 03/Sedanau Kodim 0318/Natuna dan dinyatakan Lulus Seleksi Tahap III Beasiswa Generasi Juara TNI AD Universitas Pertamina Tahun Akademik 2022/2023 Tipe A di program studi Ekonomi.

Dari Beasiswa itu, Sandi akan mendapatkan manfaat berupa Pembebasan 100% Biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp 25.000.000,-, Pembebasan Biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) selama 8 semester senilai Rp 80.000.000,-. Kemudian uang saku sebesar Rp 1.200.000,- per bulan selama 8 semester senilai Rp 57.600.000,- (mempertimbangkan hasil evaluasi akademik), Pembebasan Biaya POP-UP, Biaya Asuransi Kecelakaan Mahasiswa, Biaya Tes Narkotika, Subsidi Pembayaran Kuliah Lapangan/Kerja Praktik, Biaya Wisuda, dan berkesempatan untuk tinggal di Asrama.

Baca Juga :  Motor Bhabinkamtibmas di Polsek Loli Jadi Perpustakaan Keliling

Di rumahnya, Sandi menuturkan seleksi calon penerima dilakukan sejak 25 Agustus 2022 saat awal mulai pendaftaran sampai 5 September 2022. Diikuti oleh seluruh anak dari keluarga besar TNI di Indonesia melalui sistem daring.

Adapun tahapan seleksi Generasi Juara TNI AD di antaranya: 1) Seleksi Administrasi, 2) Seleksi Psikotes atau TPA, 3) Seleksi Akademik meliputi Bahasa Inggris dan Matematika, dan 4) Wawancara.

“Alhamdulillah, dari semua tahapan tes, saya sangat puas karena nilai yang saya dapatkan cukup tinggi dari peserta lain,” ujarnya, Selasa (06/09/2022).

Pada 5 September 2022, diumumkan Sandi Pamungkas dinyatakan lulus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Jurusan Ekonomi dan berhasil menjadi salah satu penerima beasiswa Generasi Juara TNI AD dengan perolehan nilai Beasiswa Tipe A.

Baca Juga :  Keluarga Besar SMA Negeri 4 Kota Magelang Ikuti Vaksinasi Dosis 2

Menurut Sandi, selain mendapat prioritas jaminan pendidikan, dirinya pun mendapat prioritas dan kesempatan untuk berkarier sebagai perwira TNI AD melalui jalur Sepa PK dengan tambahan pendidikan selama 7 bulan. Atau Sandi juga bisa mengambil pilihan untuk menjadi pegawai BUMN khususnya Universitas Pertamina

Sandi benar-benar merasa bangga atas prestasi yang diraihnya. Dia mengatakan keberhasilannya ini tidak luput dari doa ayah dan ibunya, dan dukungan dari kakak dan adiknya, yang selalu mendoakan agar Sandi bisa meraih kesuksesan di masa depan.

”Suatu Kehormatan bagi saya untuk menerima beasiswa Generasi Juara Tipe A oleh Universitas Pertamina,” ucap Sandi.

Dirinya yakin bahwa dia akan belajar dengan giat, berprestasi membawa nama kampus serta menjaga nama baik Universitas Pertamina. Dengan dibuktikan oleh hasil pembelajaran akademiknya selama di kampus.

”Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Universitas Pertamina kepada saya. Semoga Universitas Pertamina menjadi wadah bagi saya untuk bisa berkembang lebih baik lagi ke depannya,” pungkas Sandi. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini