banner 728x250

Sambangi Gakumdu, Puluhan Pemuda di OKU Selatan Laporkan Indikasi Kecurangan Rekrutmen Anggota PPS

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menyambangi Sekretariat Sentra Gakumdu kabupaten setempat. Senin (27/05/2024).

Kedatangan mereka bertujuan untuk menyampaikan laporan adanya indikasi kecurangan dalam rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS) oleh KPU Kabupaten OKU Selatan.

Hal itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Tarehk, salah satu pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten OKU Selatan usai menyerahkan laporan dan barang bukti atas laporan tersebut.

“Kami dari Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten OKU Selatan melaporkan dugaan kecurangan dalam perekrutan calon anggota PPS dan menyampaikan bukti-bukti adanya anggota PPS yang tercatat dalam DCT maupun Sipol,” jelasnya

Baca Juga :   Jaga Kondusifitas Pemilu, Anggota Polres OKU Selatan Siaga 24 Jam di Bawaslu

Selain itu tambahnya, dengan beredarnya surat peryataan dari salah satu komisioner KPU OKU Selatan yang tidak dilibatkan dalam proses pleno penetapan hasil rekrutmen anggota PPS, membuat seluruh anggota organisasi yang tergabung dalam aliansi ini tergerak untuk melaporkan dugaan kecurangan itu.

“Dengan adanya surat peryataan tersebut, ini membuktikan adanya cacat administrasi dalam perekrutan anggota PPS,” tegasnya

Lebih lanjut ia berharap, pihak Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) atau Gakumdu kabupaten OKU Selatan dapat melaksanakan tupoksinya dan menindaklanjuti laporan ini dengan mekanisme yang ada.

“Kami berharap Bawaslu atau Gakumdu kabupaten OKU Selatan dapat menindaklanjuti laporan ini sesuai dengan mekanisme yang ada,” tandasnya

Terpisah Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Selatan, Doni Candra, membenarkan kedatangan Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten OKU Selatan untuk menyampaikan laporan dugaan kecurangan yang dilakukan oleh KPU OKU Selatan dalam perekrutan calon anggota PPS.

Baca Juga :   Masyarakat Antusias Pahami Kepindahan Ibu Kota di Nusantara Fair 2024

“Yang pastinya, anak-anak muda ini, menyampaikan aspirasi dan unek-unek sekaligus melaporkan hasil pengawasan partisipatif mereka terkait perekrutan calon anggota PPS,” jelasnya

Dikatakan Doni, saat ini pihaknya telah menerima laporan dari Aliansi Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten OKU Selatan terkait viral nya dugaan kecurangan dalam perekrutan calon anggota PPS dan surat peryataan salah satu komisioner KPU OKU Selatan yang tidak dilibatkan dalam proses pleno penetapan hasil rekrutmen anggota PPS.

“Adanya laporan ini, nanti akan kami kaji dahulu dan akan kami sampaikan hasilnya nanti,” terangnya

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengambil keputusan atas laporan ini nanti, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Sumsel dan mengklarifikasi KPU OKU Selatan.

Baca Juga :   Rancang Morotai 20 Tahun Ke Depan, Sekda Umar Ali Sampaikan 5 Strategi Ini

“Untuk keputusan dari laporan ini, kami akan bertindak sesuai regulasinya dan berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi serta mengklarifikasi KPU OKU Selatan,” tandasnya (Red)