Salat Ied di Dusun Sigandu Banyumas Berlangsung Khidmat

Jakarta, wartaterkini.news–Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1445 Hijriah (H) di Masjid Baitul Islah, Dusun Sigandu, Desa Sambeng Kulon RT 03 RW 03, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berjalan dengan lancar dan penuh Khidmat.

Sekretaris Desa Sambeng Kulon, Suyatno, menyampaikan pihaknya telah melakukan upaya terkait persiapan pelaksanaan Salat Ied, seperti mengoordinasikan dengan para jajaran Takmir Masjid, mengevaluasi pelaksanaan salat Ied tahun sebelumnya dan berbagai persiapan lainnya.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun ada kemajuan dalam sistem pelaksanaan salat Idul Fitri, misalnya kami mengkoordinasikan kepada para takmir masjid untuk bermusyawarah terkait waktu pelaksanaan salat, hal ini juga dilakukan untuk mengevaluasi pelaksanaan salat Ied pada tahun tahun sebelumnya. Sehingga pada 10 April 2024 bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri pelaksanaan salat iednya dapat berjalan dengan nyaman dan aman,” ujar Suyatno kepada InfoPublik usai Salat Ied, Rabu (10/4/2024).

Baca Juga :   Pemkab-PLN, Target Terangi Seluruh Desa Belum Berlistrik di OKI

Ia juga menyampaikan bahwa kelancaran pelaksanaan salat Ied turut dibantu oleh berbagai pihak seperti jajaran pengurus takmir masjid, remaja desa, dan seluruh komponen masyarakat Dusun Sigandu.

Bertindak sebagai Khotib adalah Uztad Riswanto yang dalam khotbahnya menyampaikan tema terkait kebahagiaan dan kenyamanan umat Islam dalam menjalankan perayaan salat Ied.

Ia pun menyerukan supaya umat Muslim bisa istiqamah taat melakukan ibadah dan tidak terlena dengan harta dunia saja.

Baca Juga :   Pimpin Apel Disiplin, Pj Wali Kota Jambi Tegaskan Kinerja dan Netralitas ASN di Pemilu 2024

“Tema khotbah pagi ini di 10 April 2024, 1 Syawal 1445 H adalah tentang kebahagiaan dan kenyamanan bagi kita umat Islam untuk selalu menjalankan ibadah, khususnya pada pagi ini kita melaksanakan salat Idul Fitri. Bagi masyarakat umat muslim khususnya di Grumbul Sigandu untuk melakukan ibadah, harus seimbang antara dunia dan akhirat,” kata Riswanto.

Sekretaris takmir Masjid Baitul Islah, Anwar turut menyampaikan bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri di kampung halaman yang penuh kenyamanan ini berjalan baik atas bantuan dari para pemuda. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu persiapan pelaksanaan salat Idul Fitri 1445.

Baca Juga :   Siaga Ramadhan 1445 H, PLN UID S2JB Siap Jaga Pasokan Listrik

Pelaksanaan salat Ied dilaksanakan tepat pukul 6.30 WIB.