Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBeritaRizal Ramli-Sjamsul Nursalim di Panggil KPK Terkait Kasus BLBI

Rizal Ramli-Sjamsul Nursalim di Panggil KPK Terkait Kasus BLBI

Jakarta,wartaterkini.news– Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli terkait kasus dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Rizal dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim.

“Dipanggil sebagai saksi dalam perkara ini dengan tersangka SJN (Sjamsul Nursalim) dan ITN (Itjih Nursalim),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (19-07-2019).

Ini merupakan penjadwalan ulang terhadap Rizal. Dia sebelumnya pernah dipanggil sebagai saksi pada Kamis (11/7) namun tidak hadir hingga dilakukan penjadwalan ulang.

Baca Juga :  Akhirnya KPK Tuntaskan Korupsi Bansos di KBB, Bupati KBB dan Anaknya Untung 3,7 Miliar Dari Bansos

Selain itu, KPK juga kembali memanggil Sjamsul dan Itjih. Keduanya dipanggil sebagai tersangka dalam kasus ini.

KPK mengatakan telah mengirim surat panggilan ke lima alamat yang terdiri dari satu alamat di Indonesia dan empat di Singapura. Febri juga menyebut KPK meminta bantuan untuk menempelkan surat panggilan di papan pengumuman yang ada di KBRI Singapura.

Sjamsul dan Itjih sebelumnya dipanggil pada 28 Juni 2019. Namun, keduanya tak hadir tanpa alasan sehingga dilakukan pemanggilan kedua.

Baca Juga :  SMSI provinsi Jabar Rilis Website smsijabar.com

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Sjamsul dan Itjih sebagai tersangka karena diduga terlibat secara bersama-sama eks Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung melakukan korupsi terkait SKL BLBI. KPK menduga Sjamsul sebagai pihak yang diperkaya Rp 4,58 triliun dalam kasus ini.

Syafruddin awalnya telah divonis bersalah karena melakukan tindak pidana korupsi yang menyebabkan kerugian negara Rp 4,58 triliun. Namun belakangan, Mahkamah Agung (MA) melepas Syafruddin karena menilai perbuatannya tak masuk ranah pidana.

Baca Juga :  Terdakwa Kasus BLBI, Mantan Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung di Bebaskan MA

Terkait lepasnya Syafruddin, pihak Sjamsul lewat pengacaranya, Otto Hasibuan, meminta KPK membatalkan penyidikan terhadap Sjamsul dan Itjih. Namun, KPK mengatakan tetap melanjutkan penyidikan. (Poppy Setiawan/red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News