banner 728x250

Respon Cepat Pemkab PALI Terkait Box Culver yang Jebol, Dinas PUTR Langsung Cek Lokasi

PALI Sumsel,Wartaterkini.news–Respon cepat Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Kabupaten PALI terhadap keluhan masyarakat mengenai Box Culver yang rusak bukanlah isapan jempol saja.

 

Terbukti kurang dari 24 jam, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUTR Kabupaten PALI, Jeffran Azsapputra, ST bersama jajaran Polisi Resort (Polres) PALI serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PALI langsung turun ke lapangan untuk memeriksa lokasi gorong-gorong (Box Gorong-gorong) yang amblas di akses jalan Desa Sungai Ibul Kecamatan Talang Ubi–Desa Sungai Langan Kecamatan Penukal. Senin, (27/5/2024)

Baca Juga :   Hadiri Launching Pilkada 2024, Bupati Pali Heri Amalindo Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada

 

Tujuannya tidak lain untuk memastikan penyebab amblasnya gorong–gorong tersebut serta apa yang segera dilakukan agar transportasi warga yang lewat di akses jalan tersebut tidak terhambat.

 

Saat di lokasi, Plt Kepala Dinas PU – TR Kabupaten PALI, Jeffran Azsyapputra.ST didampingi pihak Polres PALI dan BPBD PALI, mengungkapkan memang sejak beberapa hari terakhir curah hujan sangat tinggi sehingga terjadi peningkatan debit air dan derasnya aliran sungai yang melalui gorong–gorong, namun terhalang karena banyaknya sampah di aliran sungai, sehingga meluapnya udara membuat kondisi tanah di sekitar gorong – gorong ikut tergerus.

 

“Melihat dari kondisi gorong–gorong yang amblas didapati bahwa telah terjadi penyumbatan aliran sungai, karena banyaknya sampah yang mengakibatkan tekanan udara tinggi sehingga menggerus tanah di sekitar lokasi gorong – gorong menyebabkan terjadinya amblas,” ungkap Jeffran.

Baca Juga :   Pemkab PALI Bersama Kemenag Gelar Rapat Penetapan Zakat Fitrah Ramadhan 1445 H

 

Jeffran mengutarakan, karena akses jalan ini merupakan jalan utama masyarakat baik dari kecamatan Penukal, Kecamatan Abab untuk menuju ke Ibukota Kabupaten PALI (Pendopo) jadi secepatnya akan segera diperbaiki, setidaknya akan dibangun jembatan darurat selama masa perbaikan gorong – gorong.

 

“Pemkab PALI melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang akan segera melakukan penanggulangan, jangan sampai transportasi warga menggunakan akses jalan ini jadi terganggu, kata Jeffran.

 

Pada kesempatan ini, Jeffran juga menghimbau kepada warga sekitar untuk bisa menjaga aliran sungai jangan sampai tersumbat, terutama oleh sampah–sampah yang dibuang ke sungai. Hal itu untuk kepentingan warga sendiri agar tidak terjadi banjir yang juga bisa sangat berdampak pada kekuatan jalan dan gorong–gorong.(Hr/Red)