banner 728x250

Refleksi Akhir Tahun, Ikatan Mahasiswa Serasan Seandan Siap Sukseskan Pemilu 2024

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Ikatan Keluarga Mahasiswa Serasan Seandan gelar diskusi refleksi akhir tahun 2023 dengan mengusung tema “Peranan Pemuda dalam Menyambut Pemilu Aman dan Damai Tahun 2024 , yang berlangsung di aula gedung guru PGRI kabupaten OKU Selatan, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber dari Forkompinda seperti Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho, Kajari OKU Selatan Dr Adi Purnama melalui Kasi Intelijen Kejari OKU Selatan Davit L Sipayung, Ketua Bawaslu OKU Selatan Doni Candra, Kadis Pora dan Kaban Kesbangpol OKU Selatan.

Kepala Kesbangpol kabupaten OKU Selatan, Veri Wijaya, dalam sambutannya mengatakan pemuda sebagai penerus bangsa idealnya mempunyai peranan penting dalam kemajuan bangsa, dan memiliki peran serta fungsi yang strategis dalam akselerasi pembangunan termasuk juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :   Safari dan Jum'at Curhat, Kapolres OKU Selatan Himbau Orang Tua Awasi Pergaulan Anak

“Baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda merupakan generasi penerus dan pewaris bangsa. Pemuda sebagai agen perubahan dan mesti berperan aktif mengembangkan pendidikan politik dan demokratisasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pemilihan umum 2024 merupakan langkah terbentuknya masyarakatnya yang adil, makmur, sejahtera, memilik kebebasan sebagai warga negara untuk menentukan pilihannya.

“Keterlibatan pemuda yang sadar pemilu dalam ekosistem digital dapat memberikan dampak yang positif. Pemuda bisa ikut serta mengawasi proses pemilu di TPS, hingga kecurangan di TPS ,” urainya.

Baca Juga :   Tiba di Posko Bencana, Kapolres OKU Selatan Salurkan Bantuan dan Semangati Warga

Sementara itu Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho pada kesempatan ini mengapresiasi Pemuda di Kabupaten OKU Selatan. Kapolres juga menjelaskan dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tidak ternilai harganya. Pemuda juga, merupakan tonggak dalam kemajuan bangsa.

“Generasi muda merupakan bagian penting yang perlu dilibatkan dalam pembangunan bangsa. Tanpa adanya peran pemuda sebuah bangsa akan sulit mengalami perubahan,” jelasnya

Terpisah Ketua Ikatan keluarga mahasiswa serasan seandanan, Febriansyah mengatakan dialog melalui refleksi akhir tahun ini merupakan salah satu upaya mahasiswa dan pemuda di kabupaten OKU Selatan dalam mengawal pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan aman dan damai.

Baca Juga :   KPU: Ada Interaksi dalam Debat Capres-Cawapres

Selanjutnya acara diisi dengan diskusi antar mahasiswa yang tergabung dalam forum Keluarga Mahasiswa Serasan Seandanan dan para narasumber. (Red)