banner 728x250

Ratusan Pencari Kerja di OKU Selatan Padati Job Fair SMK BKK 

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Ratusan pencari kerja di kabupaten OKU Selatan memadati job fair yang digelar di SMK Negeri 1 kecamatan Buay Sandang Aji. Job fair ini diadakan oleh SMK BBK OKU Selatan bersama Dinas Ketenagakerjaan Pemda OKU Selatan. Sabtu (14/10/2023).

Job Fair ini sendiri pertama digelar di OKU Selatan yang bertujuan untuk memfasilitasi perusahaan dalam merekrut karyawan sesuai kriteria yang diinginkan dan juga membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Total ada 8 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan menyediakan hampir 200 posisi yang diperebutkan oleh sekitar 350 pencari kerja.

Mayoritas dari para pencari kerja ini adalah mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah yang belum memiliki pengalaman di dunia kerja.

Baca Juga :   Perdana Digelar, 100 Pasangan Suami Istri di OKU Selatan Ikut Isbat Nikah

Sunita, Ketua Panitia Job Fair yang juga guru di SMK Negeri 1 Buay Sandang Aji menyebut, dalam job fair ini para pencari kerja dapat terserap maksimal di dunia kerja sehingga mengurangi angka pengangguran.

Adanya Job Fair ini tambahnya, memudahkan para pencari kerja dalam mencari pekerjaan tanpa harus mengeluarkan modal lebih banyak karena dilaksanakan di wilayah sendiri. Meski digelar di lingkungan sekolah, namun job fair ini terbuka untuk umum.

“Dengan adanya job fair ini kita berharap bisa membantu para pencari kerja di kabupaten OKU Selatan bebas dari pengangguran,” terangnya

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan data dari Dinas Ketenagakerjaan kabupaten OKU Selatan selama per 30 September 2023 jumlah pencari kerja di kabupaten OKU Selatan terdapat 645 orang.

Baca Juga :   Arus Balik Lebaran, Ribuan Pemudik Tinggalkan OKU Selatan

“Menurut Kepala Dinas Ketenagakerjaan kabupaten OKU Selatan dan dilihat dari aplikasi Siap Kerja, Per 30 September 2023 ini terdapat 646 orang yang terdaftar,” tandasnya

Sementara itu, Agusti Diana, salah satu pencari kerja ini mengaku tidak hanya satu perusahaan, namun ada beberapa perusahaan yang ia masuki dalam job fair kali ini.

“Baru lulus, sebenarnya lowongan banyak tapi belum dipanggil,” Katanya.

Terpisah Kepala Dinas Ketenagakerjaan kabupaten OKU Selatan Darmawan, mengatakan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang ada di kabupaten OKU Selatan maupun diluar kabupaten dalam merekrut karyawan.

Baca Juga :   Warga OKU Selatan Antusias Percantik Lingkungan Sambut HUT RI Ke-78

Tidak berhenti di job fair, ke depan akan dilakukan open rekrutmen dengan menggandeng pihak perusahaan dan komunitas pencari kerja. Program yang akan digelar satu tahun sekali ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran.

“Upaya ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di kabupaten OKU Selatan dan bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran,” tandasnya (Red)