Rahmini Paparkan Tingkat Pelayanan Desa di Daerahnya

Indralaya Ogan Ilir,Wartaterkini.News– Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir melalui para Kepala Desa, menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan para tenaga pendamping, melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur bagi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tingkat Desa dalam Kecamatan Indralaya tahun anggaran 2018 bertempat LPMP Sumsel, yang di ikuti seluruh nya ada 17 Desa dalam kecamatan Indralaya selama dua hari Pada Jumat (18/01/2019)

Kegiatan ini dibuka dan tutup oleh Rahmini SS.M.Si, selaku Camat Indralaya dalam sambutannya mengatakan kegiatan pembekalan teknis bagi kepala Desa dan BPD ini dimaksudkan untuk menjawab persoalan di desa khususnya implementasi peraturan Perundang -Undangan tentang Pemerintah Desa.

“Aparatur Desa baik Kades dan unsurnya serta BPD memiliki peran sebagai mitra pemerintah desa dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang transparan dan akuntabel”.katanya.

Baca Juga :  Melanggar Aturan, 625 APK Caleg Ditertibkan

Dengan kegiatan ini diharapkan aparatur desa semakin bersemangat dalam menjalankan tugas dan wewenang bersama pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di desa.

“Kepada semua peserta agar benar benar mengimplementasikan pengetahuan yang telah diterima dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa dan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan prosedur yang ditetapkan guna menghindari penyimpangan yang memiliki konsekuensi hukum.” jelas Rahmini SS.M.Si. di dampingi ketua BKAD dan panitia penyelengara Mulyadi.MA sebagai penyelengara kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa sekecamatan Indralaya.

Baca Juga :  Tindak Lanjut Pertemuan Dengan SMSi, Petani Sawit Kopsa M Laporkan PTPN V ke KPK dan Bareskrim Pori

Sementara itu, Drs Sulaiman Midun dan Leddy Ismed ST,M.Si selaku Kabid di DPMD Kabupaten Ogan Ilir, mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman terhadap Kades dan BPD sebagai lembaga di desa yang melaksanakan fungsi pemerintahan desa, Meningkatkan pemahaman aparatur desa terhadap pelaksanaan tugas-tugas kepemerintahan dan adanya peningkatan pelayanan desa pemerintahan kepada masyarakat.

“Diharapkan adalah dengan adanya kegiatan ini dapat menongkatkan kapasitas aparatur Desa baik Kades dan kaur begitu juga dengan BPD dan bagiannya dalam menjalankan tupoksi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,”katanya.

Ketua BKAD Kecamatan Indralaya Mulyadi.MA sebagai penyelengara pelatihan Peningkatan Aparatur Pemerintahan Desa, mengatakan Bahwa dirinya menekankan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra pemerintah desa dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang transparan serta akuntabel benar-benar dijalankan dengan baik untuk membangun desa.

Baca Juga :  6.900 Lembar Uang Palsu Dimusnahkan

“Utamakanlah kepentingan publik dan tetap memjadi mitra yang baik untuk menjaga kebersamaan karena ada daerah tertentu ketua dan anggota BPD menjadi konseptor yang melaporkan kepala desa ke pihak penegak hukum karena masalah kecil padahal seharusnya kalau ada persoalan harus diselesaikan lewat musyawarah. Itu gunanya BPD, hingga kita harapkan di Kabupaten Ogan Ilir segala persoalan di desa diselesaikan sesuai dengan jenjangnya,”Pungkasnya.  (Arman/Red).

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini