banner 728x250

PVMBG: Awan Panas Gunung Lewotobi Laki-laki Capai Satu Kilometer

NTT, wartaterkini.news–Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), mencatat terjadinya awan panas guguran erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Telah terjadi awan panas guguran ke arah sektoral utara-barat laut dengan jarak luncur lebih kurang satu kilometer pukul 08.00 WITA,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa, melalui keterangan tertulisnya, seperti dilansir ANTARA, Minggu (14/1/2024).

Sebagai langkah mitigasi, ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi serta sektoral lima kilometer ke arah barat laut-utara dan timur laut.

Baca Juga :   Hadir Pelantikan PPK, Kapolres OKU Selatan Minta Jaga Netralitas

Wilayah yang masuk sektoral lima kilometer arah barat laut-utara adalah Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura.

Sedangkan wilayah yang masuk dalam sektoral lima kilometer arah timur laut adalah Desa Nobo dan Nurabelen di Kecamatan Ile Bura.

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki dari pukul 00.00 WITA hingga 06.00 WITA, asap kawah bertekanan kuat teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 500 hingga 1.000 meter di atas puncak kawah.

Selain itu teramati lima kali letusan dengan tinggi 500 hingga 1.000 meter dan warna asap putih dan kelabu.

Baca Juga :   Waspada Erupsi Gunung Lewotobi, PVMBG Imbau Warga Gunakan Masker

Hasil pemantauan yang dilakukan, kata Bobyson teramati aliran lava pijar dan guguran ke sektoral arah timur laut sejauh lebih kurang dua kilometer dari kawah utama.

Lalu teramati pula guguran lava pijar ke arah sektoral barat laut-utara sejauh lebih kurang satu kilometer dari kawah utama.

“Karena erupsi menerus, kita tetap imbau warga untuk menggunakan masker, penutup mata dan menutup penampungan air yang ada,” ucapnya.

Sebelumnya, PVMBG mencatat lontaran abu vulkanik setinggi kurang lebih 1.000 meter dari atas puncak Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kolom abu itu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara,” kata Kepala Balai Pemantau Gunung Api dan Mitigasi Gerakan Tanah Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Ghele Raja, melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (13/1/2024).