Puncak Peringatan Hari Ibu Tingkat Nasional ke-90 Tahun 2018 Digelar di Bukittinggi

Bukittinggi,Wartaterkini.News–Acara puncak peringatan Hari Ibu (PHI) tingkat nasional ke-90 tahun 2018 digelar di Lapangan Kantin Kota Bukittinggi, Sabtu Pagi (22/12/2018).

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, polisi wanita (polwan) pertama berasal dari Bukittinggi, wartawan perempuan pertama juga berasal dari Sumatra Barat yakni Rohana Kudus.

“Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa Kota Bukittinggi dipilih menjadi lokasi acara puncak peringatan Hari Ibu ke-90. Seorang ibu mempunyai peran penting dalam kehidupan, sukses seorang suami tidak terlepas dari dorongan dan dukungan seorang istri,” ujar gubernur.

Baca Juga :  Tak Hadiri Rapat Kerja, Komisi III Akan Kembali Surati PT Fajar Paper

Acara dihibur oleh paduan suara dari persatuan istri menteri kabinet kerja dan pertunjukan Marching Band taruna/taruni IPDN.

Dalam kesempatan ini diberikan juga penghargaan perempuan inspiratif yang diserahkan kepada Nunik Astuti dari Pasaman Barat, Desnita dari Pesisir Selatan, Defi Asrianti dari Agam, Sri Chandra Nurlaili dari Tanah Datar dan Ria Defiana dari Kota Bukittinggi.

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise menyampaikan ucapan Selamat Hari Ibu dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Baca Juga :  Gempa Pasaman Barat tidak Timbulkan Kerusakan dan Korban Jiwa

“Pemerintah mengapresiasi Pemko Bukittinggi yang telah menjadi penyelenggara acara hari ibu yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Bukittinggi ke-234 ini,” ucap Yohana.

Hari ibu lahir dari pergerakan bangsa dalam kongres perempuan pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Untuk apresiasi atas gerakan perjuangan kaum perempuan tersebut maka ditetapkanlah 22 Desember sebagai Hari Ibu. Dengan memberikan keyakinan apabila perempuan diberikan kesempatan akan mampu berpartisipasi dalam pembangunan.

Baca Juga :  Profesional Kelola Anggaran, Polresta Banyuwangi Raih Peringkat Pertama Penghargaan Kemenkeu RI

Perempuan masa kini sadar akan hak dan kewajiban yang sama dengan pria. Mulai dari lingkungan keluarga bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bertepatan dengan Hari Ibu ke-90 ini diusung tema Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa. Peran keluarga menjadi pondasi dalam menerapkan kehidupan yang harmonis. (Rahmi Yasintha/Diskominfo)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini