banner 728x250

Puncak Kemeriahan HUT Kemenkumham RI Lembaga Pemasyarakatan Pamekasan Gelar Lomba MTQ Tingkat Korwil Madura

Pamekasanย  Jatim, wartaterkini.news – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan di bawah pengawasan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur telah meluncurkan rangkaian acara lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dalam rangka merayakan ulang tahun Kemenkumham RI yang ke-78 tahun 2023.

Gelaran MTQ ini memiliki dua tingkatan kompetisi, yaitu tingkat Kabupaten Pamekasan dan tingkat Kawasan Wilayah Madura (Korwil Madura). Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan menjadi tuan rumah perlombaan MTQ Korwil Madura yang memperebutkan Tropi Ka.Kanwil Kemenkumham Jawa Timur. Acara ini digelar di halaman depan lembaga tersebut pada hari Minggu (06/08).

Pembukaan perlombaan MTQ ini menjadi bagian dari perayaan HUT Kemenkumham RI yang ke-78 tahun. Dalam acara ini, Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan tampil dengan pertunjukan seni, termasuk penampilan band dan musik tradisional Ul-Daul Madura.

Baca Juga :   ASDP: Tiket Kedaluwarsa Penyeberangan Ditiadakan selama Arus Balik Lebaran

Hadir dalam acara tersebut adalah perwakilan dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Pamekasan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan, serta peserta perlombaan MTQ. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan, Bapak Seno Utomo. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya penyelenggaraan MTQ sebagai upaya untuk memperkuat nilai-nilai Islam di dalam lembaga tersebut.

Syaifur, Pejabat Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan, mengungkapkan, “Lomba MTQ ini diadakan dengan tujuan memberikan dorongan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan untuk mendalami seni membaca Al-Quran.”

Baca Juga :   Pemerintah Jadi Pemegang Saham Terbesar PT Vale Indonesia

Acara pembukaan Lomba MTQ di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan dihadiri oleh Syaifur, yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, serta Kepala Lembaga Pemasyarakatan Pamekasan, Seno Utomo.

Perlombaan MTQ ini akan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 6 hingga 8 Agustus 2023. Peserta berasal dari Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pamekasan dan Warga Binaan dari kawasan Madura sebanyak 15 orang.

Selain perlombaan MTQ, acara juga menampilkan unjuk kebolehan dari para warga binaan dalam musik tradisional Ul-Daul, yang diikuti oleh peserta umum dari masyarakat Kabupaten Pamekasan.

Kompetisi MTQ terbagi menjadi beberapa kategori, meliputi anak-anak usia 13 tahun ke bawah, remaja usia 13-18 tahun, dan dewasa usia 18 tahun ke atas. Jumlah peserta mencapai 186 orang, dengan 85 peserta dari kategori anak-anak, 76 peserta dari kategori remaja, dan 25 peserta dari kategori dewasa.