Produk Dekorasi Rumah Indonesia Bukukan Potensi Transaksi Rp13,6 Miliar di Tokyo

Jakarta, wartaterkini.news–Produk dekorasi rumah Indonesia tampil memikat di pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 yang diselenggarakan pada 12 sampai 14 Juni 2023 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang dan berhasil membukukan potensi transaksi senilai Rp13,6 miliar.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif, Merry Maryati, berharap keikutsertaan Indonesia pada pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 dapat memperkenalkan produk berbasis desain asal Indonesia yang unggul dan mampu bersaing di pasar global. Partisipasi dalam pameran ini akan membuka kesempatan penetrasi produk berbasis desain asal Indonesia di pasar Jepang dan global.

Kemendag memiliki misi memperkenalkan kemampuan, keahlian, dan desain terbaik produk-produk Indonesia. Melalui peran perwakilan perdagangan di luar negeri, Kemendag akan terus membuka akses pasar untuk penetrasi produk-produk kreatif dan orisinal karya anak bangsa. Selama pameran diharapkan dapat terjalin kontrak dagang dengan mitra dagang potensial di Jepang dan kawasan sekitarnya, serta membuka pintu bagi produk Indonesia yang akan memasuki pasar global,” ujar Merry dikutip dari  InfoPublik pada Minggu (16/6/2024).

Baca Juga :   Tingkatkan Pelayanan Publik, Lapas Pamekasan Perbaikan kartu kunjungan bagi Pengunjung

Interior Lifestyle Tokyo 2024 merupakan pameran internasional tahunan yang berkonsep business to business (B to B) yang diselenggarakan Messe FrankfurtPameran itu menampilkan produk kreatif yang berkaitan dengan rumah dan gaya hidup, seperti designed gift items, fesyenperalatan makanmakananfurnitur mewah dan eksklusif, serta dekorasi interior.

Produk yang ditampilkan tersebut menekankan pada pembuatan produk ramah lingkungan, pemanfaatan barang lama dengan fungsi baru (upcycling), serta perdagangan yang adil (fair trade).

Pameran tersebut terbagi dalam sepuluh zona utama dan dua zona pendukung. Kesepuluh zona utama tersebut, yaitu Japan style, movement, kitchen life, home, ethical, accent, every day, creative resource, exterior, dan foodist. Sedangkan zona pendukung terdiri atas zona talents dan next.

Pada pameran, Paviliun Indonesia berada pada zona home dengan memfasilitasi lima pelaku usaha yang terpilih melalui proses kurasi. Pelaku usaha tersebut terdiri atas pelaku usaha peraih Good Design Indonesia (GDI) dan Good Design Awards 2023, serta peserta program pendampingan Designer Dispatch Service (DDS).

Baca Juga :   Sinergi Bukit Asam (PTBA) dan Pemkab Muara Enim Cegah Stunting

Adapun produk yang ditampilkan terdiri atas keranjang dekoratif, wadah serbaguna, hiasan dinding, lampu, serta produk furnitur kecil. Ajang GDI sendiri merupakan ajang penghargaan desain untuk produk Indonesia yang terafiliasi dengan Good Design Award Jepang.

Kehadiran Paviliun Indonesia pada Pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 merupakan hasil sinergi Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Japan External Trade Organization (JETRO), Atase Perdagangan Tokyo, serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC Osaka).

Atase Perdagangan Tokyo, Merry Indriasari menyatakan, partisipasi pada pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 akan mendorong produk Indonesia untuk memiliki standar kualitas produk dan desain yang tinggi.

“Paviliun Indonesia merupakan etalase bagi produk dekorasi rumah Indonesia. Keikutsertaan pameran ini diharapkan semakin mendapatkan tempat di hati konsumen Jepang. Diharapkan produk Indonesia semakin memiliki standar kualitas produk dan desain yang tinggi,” ujar Merry.

Sementara, Kepala ITPC Osaka, Didit Akhdiat Suryo menjelaskan, material produk yang ditampilkan Paviliun Indonesia menyesuaikan minat konsumen Jepang yang menekankan pada fungsional produk dan material yang ramah lingkungan.

Baca Juga :   Ciptakan Lingkungan Bersih, Sehat dan Lestarikan Alam, Kodim 0625/Pangandaran Gandeng Instansi Pemerintah 

Produk-produk yang ditampilkan adalah produk berdesain khusus dan diolah dari material yang ramah lingkungan,” ujar Didit.

Ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke Jepang dalam lima tahun terakhir (2019-2023) terus meningkat dengan tren sebesar 3,65 persen. Sementara pada 2023, ekspor produk itu ke pasar Jepang tercatat senilai USD38,94 juta.

Ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke dunia dalam lima tahun terakhir (2019 sampai 2023) juga terus meningkat dengan tren sebesar 11,19 persen.

Untuk periode Januari-Maret 2024, ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke dunia tercatat sebesar USD59,43 juta, naik 10 persen dari ekspor 2023 yaitu USD54,06 juta. (**)