Presiden RI Lantik Perwira Muda Dalam Prasetya Pewira TNI Polri

oleh

Magelang Jawa Tengah, wartaterkini.news–Prasetya Pewira (Praspa) TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) TP 2020/2021 digelar di Stadion Sapta Marga Akmil, Selasa (13/07/2021). Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo secara virtual dari halaman depan Istana Merdeka Jakarta.

Praspa secara virtual ini ditayangkan langsung ke masing-masing Akademi Angkatan, yaitu Angkatan Darat (Akmil), Angkatan Laut (AAL), Angkatan Udara (AAU) dan Kepolisian (AKPOL). Juga disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden.

Hadir dalam kegiatan tersebut Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo dan Mayor Jenderal TNI (Purn) Tono Suratman serta Gubernur Akmil Mayjen TNI Candra Wijaya, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Thomas dan para Pejabat Distribusi Akademi Militer. Juga para Gumil, Dosen dan Pengasuh serta 227 Capaja TNI AD mantan Taruna/Taruni Tingkat IV dan para orang tua (Perwira Remaja/Paja).

Baca Juga :  Presiden Perintahkan Tindakan Tegas Bagi Pelaku Anarkis di Papua

Pelantikan perwira TNI-Polri di Istana Merdeka dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah menteri, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Turut hadir Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut dan Kepala Staf Angkatan Udara.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, hanya penerima Adhi Makayasa saja yang hadir langsung dalam pelantikan tersebut. Upacara digelar secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara dimulai dengan dikumandangkannya lagu “Indonesia Raya”. Setelah itu dibacakan Surat Keputusan Presiden terkait pengangkatan perwira TNI-Polri. Selanjutnya, Presiden Joko Widodo memimpin pembacaan sumpah perwakilan Perwira TNI-Polri. Pengambilan sumpah dilakukan sesuai agama masing-masing.

Baca Juga :  Dewan Pengawas Akan Dilantik Bersamaan dengan Pimpinan Baru KPK

“Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-sebaiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.” Demikian petikan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi dan diikuti oleh perwira TNI-Polri.

“Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan membangun karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa dan raga untuk membela nusa dan bangsa,” lanjut petikan sumpah perwira TNI-Polri.

Kepada mereka yang dilantik dalam upacara Prasetya PerwiTNI-Polri, presiden berpesan, perjalanan baru saja di mulai, dalam hal ini perjalanan menjadi perwira yang setia dan mengabdi kepada negara dan rakyat.

“Saya tahu untuk sampai pada tahap sekarang ini saudara-saudara telah melampaui proses seleksi yang kompetitif dan ketat. Juga telah melalui gemblengan yang sangat berat. Bukan hanya bertujuan untuk membentuk ketahanan mental kekuatan fisik serta kedisiplinan yang tinggi, tapi juga sebagai wujud persatuan dan integrasi antara Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian,” jelas Presiden Joko Widodo.

Baca Juga :  Pemdes Kalipucang Gelar Peningakatan Kapasitas Badan Permusyawartan Desa (BPD)

Berikut ini peraih Adhi Makayasa 2021 dari TNI-Polri, masing-masing adalah Septian Haryono Pasaribu, Adhi Makayasa dari Akademi Militer. Always Giving Hamonangan Tiris, Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Laut.

Kemudian Abdul Muis peraih Adhi Makayasa dari Akademi Angkatan Udara. Selanjutnya Hary Indradjati peraih Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian.

Untuk diketahui, Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email