banner 728x250

Presiden Jokowi Pastikan Harga Pangan di Pasar Tumpah Mamasa Stabil

“Tadi saya melihat harga-harga di sini juga stabil dibandingkan provinsi lain, misalnya kayak bawang merah harganya baik, cabai merah keriting juga baik harganya Rp40 ribu, bawang merah tadi Rp33 ribu, beras ada yang Rp11 ribu beras lokal ini yang bagus sekali,” ujar Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Pasar Tumpah Mamasa di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Selasa (23/4/2024).

Baca Juga :   Pentolan PDIP Lebak Didaftarkan Tim Pemenangan Maju Pilkada Lebak

Selain untuk mengecek kondisi harga dan pasokan bahan pokok, Presiden Jokowi juga memantau infrastruktur pasar dan berkomitmen untuk membangun pasar baru sebagai respon terhadap kebutuhan lokal dan fasilitas perdagangan yang lebih baik.

“Ini mau kita buatkan pasar, kita bangun, tapi tadi saya tanya ke Pak Bupati lokasinya memang yang harus berdekatan dengan yang di sini tidak bisa dipindah jauh dari sini karena konsumennya ada di sekitar lokasi ini,” ucap Presiden dalam siaran pers yang diterima InfoPublik pada Selasa (23/4/2024).

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya pembangunan infrastruktur yang mendukung kegiatan ekonomi lokal sehingga memperkuat struktur perdagangan di Mamasa dan memberikan kestabilan ekonomi yang lebih baik bagi pedagang dan warga setempat.

Baca Juga :   Hadir Launching Pilkada, Bupati OKU Selatan Ingatkan Netralitas Penyelenggara

Sejalan dengan pernyataan Presiden, salah satu pedagang sayur Kristina berharap pembangunan pasar baru tersebut dapat diwujudkan karena sangat dibutuhkan masyarakat setempat yang hanya mengandalkan pasar tumpah untuk berdagang.

“Semoga Bapak Presiden terbaik kami bisa melihat keadaan kami sekarang di Mamasa ini yang betul-betul membutuhkan perhatian dari Bapak Presiden,” ujar Kristina.

Hal serupa disampaikan seorang pedagang sayur Hermawan juga berharap agar Mamasa segera memiliki pasar tetap untuk memfasilitasi kegiatan perdagangan.

“Saya sampaikan di Mamasa ini tidak ada pasar. Harapan saya mudah-mudahan Mamasa ini ada pasar tetapnya. Mudah-mudahan Mamasa punya pasar tetap,” ujar Herwan.

Baca Juga :   DPRD Provinsi Sumsel Terima Jawaban Gubernur atas Pandangan Umum Fraksi dan Bentuk Pansus Bahas 6 Raperda

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pejabat Pejabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakhrulloh, dan Pj Bupati Mamasa Muhammad Zain. (**)