banner 728x250

Pos Kesehatan Haji Bandara King Abdul Aziz Jeddah Siap Layani Jemaah

Jakarta, wartaterkini.news–Pos Kesehatan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, beroperasi 24 jam sehari untuk melayani jemaah haji yang membutuhkan layanan kesehatan. Layanan itu terbagi dalam tiga shift.

Seksi Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Bandara PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M, Muhammad Firdaus mengatakan masing-masing shift terdiri dari satu dokter, tiga perawat, dan satu petugas farmasi.

“Pos Kesehatan itu dilengkapi dengan obat-obatan, alat kesehatan, dan perbekalan kesehatan, serta empat tempat tidur untuk pemeriksaan,” kata Firdaus seperti yang dikutip InfoPublik pada Kamis (30/5/2024).

Lanjutnya, pos kesehatan ini akan beroperasi selama dua periode. Periode pertama ketika kedatangan jemaah haji gelombang 2 pada 24 Mei-10 Juni 2024. Selanjutnya, periode kedua ketika kepulangan jemaah haji gelombang pertama, yakni 22 Juni-3 Juli 2024.

Berdasarkan laporan dari Tim Kesehatan Haji (TKH), kata Firdaus tidak ada pasien yang perlu ditindaklanjuti kasusnya. Mayoritas jemaah, terutama lansia hanya mengalami kelelahan akibat perjalanan panjang.

Baca Juga :   KPU Padang: Nekat Coblos Lebih dari Sekali Terancam Penjara 1,5 Tahun

“Jika ada jemaah yang membutuhkan pertolongan, Tim Kesehatan Bandara akan langsung memberikan layanan medis ditempat. Apabila diperlukan rujukan, pasien akan dirujuk ke klinik kesehatan bandara,” kata Firdaus.

Sebanyak 23 kelompok terbang (kloter) dengan total 8.974 jemaah haji telah tiba di Bandara King Abdulaziz Jeddah. (**)