banner 728x250

Polresta Magelang Kawal Perjalanan Bhikkhu Thudong Menuju Mendut

Polresta Magelang mengawal Perjalanan Bhikkhu Thudong menuju Mendut untuk mengikuti Detik-Detik Waisak di Candi Borobudur. (foto: Atik)

Magelang Jateng, wartaterkini.news Puluhan Bhikkhu Thudong yang berjalan dari Thailand menuju acara puncak Tri Suci Waisak Tahun 2024 di Candi Borobudur, telah tiba di perbatasan Kabupaten Temanggung – Kabupaten Magelang. Rombongan Bhikkhu Thudong diserah terimakan oleh Forkompinda Temanggung kepada Forkompinda Magelang, Minggu (19/05/2024).

Acara serah terima Perjalanan Bhikkhu Thudong dilaksanakan pukul 10.20 WIB bertempat di Perbatasan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang. Tepatnya di depan Ruko Pare Residence Jalan Alternatif Temanggung – Magelang.

Hadir dalam acara tersebut para pejabat Forkompinda Temanggung dan pejabat Forkompinda Magelang. Antara lain Kapolresta Magelang Kombes Pol Mustofa, S.I.K., M.H., Kasdim Magelang Mayor Inf Joko Nugroho, dan Asisten 3 Pemda Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis. Tampak pula beberapa pimpinan OPD Kabupaten Magelang, Perwira dari  Polresta Magelang, Relawan simpatisan umat Buddha, Perwakilan Banser, relawan, dan masyarakat sekitar tempat kegiatan.

Baca Juga :   Plt Walikota Bekasi Resmikan Sejumlah Pembangunan Strategis di Bantargebang

Asisten 2 Pemda Temanggung Manda Kartika, S.ST., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih rombongan Bhikkhu Thudong dan masyarakat yang telah menyukseskan acara ini. Pihaknya juga mengucapkan selamat jalan kepada para Bikkhu Thudong karena sudah masuk wilayah Kabupaten Magelang.

“Kehadiran para Bhikkhu membuat pelajaran kepada kita semua untuk selalu berjuang untuk agama kita. Kami serahkan rombongan Bhikkhu Thudong kepada perwakilan wilayah Kabupaten Magelang. Semoga perjalanan para Bhikkhu lancar dan aman,” ucapnya.

Serah terima Bhikkhu Thudong ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih dan Bendera Thudong secara simbolis dari Forkopimda Kabupaten Temanggung kepada Forkopimda Kabupaten Magelang. Dilanjutkan dengan pelepasan burung oleh Perwakilan Forkopimda Temanggung dan Forkopimda Magelang.

Baca Juga :   Polres Metro Bekasi, Sampaikan Himbauan Kamtibmas saat Taraweh Keliling bersama Masyarakat

Di akhir kegiatan Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Kombes Pol Mustofa, S.I.K., M.H. menuturkan para Bhikkhu Thudong yang melakukan perjalanan menuju Candi Borobudur seluruhnya 44 orang.

“Yaitu 41 Bhikkhu dari Thailand, 1 dari Malaysia, 1 dari Singapura, dan 1 dari Indonesia,” jelasnya.

Dikatakan Kapolresta, sebelum memasuki perbatasan Kota Magelang, para Bhikkhu Thudong akan istirahat di Rumah Makan Amis Amis Payaman. Baru sekitar pukul 13.00 WIB mereka akan melintas perbatasan Kota Magelang, setelah diterima oleh pihak Forkopimda Kota Magelang atau Polres Magelang Kota.

“Selanjutnya para Bhikkhu akan menginap di Kelenteng Liong HoK Bio Kota Magelang. Baru besok pagi (Senin, 20/05/2024) sekitar pukul 09.00 WIB akan kita terima kembali di depan Artos Mertoyudan. Untuk selanjutnya kita kawal hingga Wihara Mendut, untuk istirahat sambil menunggu prosesi peringatan Tri Suci Waisak,” terang Kombes Pol Mustofa. (Atik/Red)