Polres PALI Hadiri RAKERNIS Pengawasan Tahapan Pemutahiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Untuk Pemilu 2024

PALI Sumsel,Wartaterkini.news–Pada hari Kamis, 4 Juli 2024, pukul 09.00 WIB, The Star Cafe dan Resto di Kabupaten PALI menjadi saksi berlangsungnya Rapat Kerja Teknis (RAKERNIS) Pengawasan Tahapan Pemuktahiran dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilu 2024.

 

Kegiatan ini menghadirkan berbagai pihak penting yang berperan dalam kelancaran dan kesuksesan proses pemilu di daerah tersebut.

 

Acara ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten PALI, LESTRIANTI, AM. Kep, Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin S.I.K M.H yang diwakili oleh Kasat Intelkam Polres PALI, AKP SUANDI, SH, serta beberapa komisioner dan staf Bawaslu Kabupaten PALI seperti FIKRI ANDRIANSYAH, SH dan FARDINAN, S. Kom.

Baca Juga :   Inilah Aset untuk Mencapai Indonesia Emas 2045

 

Hadir juga Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten PALI, ADI KURNIAWAN S. Ap., M. Si, serta Komisioner KPU PALI, ABDULRAHMAN. Selain itu, anggota Unit I Sat Intelkam Polres PALI dan 25 peserta Panwascam dari berbagai kecamatan turut hadir dalam acara ini.

 

Ketua Bawaslu PALI, LESTRIANTI, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh peserta yang hadir.

 

Ia menekankan pentingnya memahami materi yang disampaikan agar proses Pemilu 2024 di Kabupaten PALI berjalan lancar.

 

Ketua Bawaslu PALI, LESTRIANTI, mengingatkan Panwascam untuk memaksimalkan tugasnya di kecamatan masing-masing demi kelancaran dan keamanan Pemilu 2024.

 

Kasat Intelkam Polres PALI, AKP SUANDI, SH, mewakili Kapolres PALI, menekankan bahwa pengawasan yang melekat antara Panwascam dan PKD terhadap petugas Pantarlih sangat penting.

Baca Juga :   Polres PALI Laksanakan Pengamanan Peresmian Kantor Kejari Oleh Jaksa Agung RI

 

Hal ini bertujuan untuk mencegah kesalahan dalam pemuktahiran data pemilih sehingga menghindari kekeliruan saat pemungutan suara.

 

Adanya potensi ketidaksempurnaan penyampaian hasil RAKERNIS kepada pengawas kelurahan/desa menjadi perhatian khusus.

 

“Jika pengawasan tidak optimal, bisa terjadi kekeliruan data pemilih yang akan berdampak pada proses pemungutan suara dan dapat menjadi bahan gugatan oleh peserta pemilu,” ucapnya

 

Dalam kesempatan ini, Unit I Sat Intelkam Polres PALI juga menyatakan komitmennya untuk terus melakukan monitoring dan pemetaan kerawanan di setiap tahapan Pilkada 2024.

 

Baca Juga :   Polres PALI Ungkap Kasus Peredaran Narkoba di Wilayah Kecamatan Talang Ubi,Terduga Pelaku Serta Barang Bukti Berhasil Diamankan

Mereka juga akan mengawasi dan mengumpulkan informasi terkait rencana kegiatan KPU dan Bawaslu Kabupaten PALI.

 

Dengan kegiatan RAKERNIS ini, diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat menyamakan persepsi dan meningkatkan kualitas pengawasan pemilu, sehingga Pemilu 2024 di Kabupaten PALI dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar.(Hr/Red)