banner 728x250

Polres OKU Selatan Ikut Latihan Operasi Senjata Api

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Kapolres OKU Selatan AKBP Indra Arya Yudha yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Kompol Hardan HS, mengikuti Latihan Pra Operasi (Latpraops), Senjata Api (Senpi), Musi 2023.

Latpraops Senpi Musi 2023, dipimpin oleh, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK., MIK, diwakili Karoops Polda Pumsel, Kombes Pol Drs Kamaruddin MSi, secara virtual melalui video conference di aula Sertu Anumerta Hadinata Polres OKU Selatan. Selasa (21/02/2023).

Hadir dalam Latpraops Senpi Musi 2023, Kasat Reskrim, AKP Biladi Ostin.,S.Kom.,SH, Kasat Intel Andi Bintoro, personel Satreskrim dan Personel Sat Intel Polres OKU Selatan.

Dalam kesempatan itu, Karoops Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Kamaruddin MSI, menyampaikan arahannya, kegiatan pra Ops ini dilakukan lantaran lemahnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan kejahatan yang menggunakan senpi.

Baca Juga :   Richard Eliezer Masih Dipertahankan Sebagai Anggota Polisi Dalam Putusan Sidang KKEP Polri

Kemudian Daerah Sumsel menjadi wilayah yang masih banyak kejahatan yang menggunakan senpi, selanjutnya semakin sulitnya biaya hidup sehingga masyarakat melakukan kejahatan menggunakan senpi.

Selain itu masih ada petugas yang membocorkan operasi senpi demi keuntungan pribadi, tersangka tidak perlu ditembak jika tersangka tidak melawan, kemudian penangkapan harus ada payung hukumnya, serta jika ada tu diupayakan terungkap jika tidak terungkap non tu harus diperbanyak.

“Oleh sebab itu, maka perlu dilaksanakannya Latpraops Senpi Musi 2023, di setiap Polres dan Polsek di wilayah hukum Polda Sumsel,” katanya.

Sementara itu, Kapolres OKU Selatan, AKBP Indra Arya Yudha.,SH., SIK, MH melalui Kabag Ops, Kompol Hardan HS didampingi Kasat Reskrim, AKP Biladi Ostin seusai kegiatan mengatakan melalui video conference pihaknya mengikuti arahan dalam rangka mensukseskan Latpraops Senpi Musi 2023.

Baca Juga :   KKP Beri Bantuan 1,6 Ton Ikan ke Korban Gempa Sumedang

“Saya bersama dengan, Kasat Reskrim beserta personil Satreskrim Polres OKU Selatan, sengaja mengikuti, Latpraops Senpi Musi 2023 yang dipimpin oleh, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K, diwakili Karoops Polda Pumsel, Kombes Pol Drs Kamaruddin MSi, secara virtual,” kata Kabag Ops didampingi Kasat Reskrim.

Dikatakan Kabag Ops, adapun manfaat dari Latpraops Senpi Musi 2023, untuk mengasah keterampilan aktual kepada para anggota sehingga dalam pelaksanaan operasi di lapangan nantinya anggota mampu melaksanakan tugas dengan baik.

“Terutama dalam penanggulangan kejahatan dengan sasaran penegakkan hukum kejahatan kepemilikan senpi ilegal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kabag Ops mengatakan, dengan dilaksanakannya Operasi ini diharapkan kerjasama dan partisipasi yang baik antar pihak kepolisian dengan instansi terkait maupun unsur kamtibmas, khususnya adanya peran aktif dari masyarakat terhadap kegiatan kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Baca Juga :   Lintas Merak - Bakauheni Layani 102 Ribu Penumpang dan 25 Ribu Kendaraan di Libur Nyepi 2024

Oleh sebab itu, pelatihan ini nantinya harus diikuti dengan serius dan penuh tanggung jawab karena kesanggupan seluruh personel dalam menyerap pelatihan ini akan bermanfaat dalam pelaksanaan tugas kita kedepannya.

“Dan nantinya, selama mengikuti latihan menembak, peserta latihan pra operasi senpi harus perhatikan betul tata cara menggunakan senjata api guna menghindari korban dalam melaksanakan latihan”, pungkasnya (Red)