banner 728x250

Polres Ogan Ilir Tangkap Penimbun Berikut Truck Modifikasi Bawa 48 Derigen

Ogan Ilir Sumsel, wartaterkini.news– Kepolisian Resor Ogan Ilir, Sumatra Selatan, menangkap seorang penimbun Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis biosolar. Tersangka berinisial Isrodi (31 tahun) warga Desa Pemulutan, Kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir.

Wakapolres Ogan Ilir, Kompol Hermansyah, mengatakan, tersangka ditangkap di gudang penimbunan BBM miliknya di Desa Pemulutan, pada Rabu (13/12/2023).

“Tersangka membeli biosolar di SPBU wilayah Ogan Ilir dan Palembang secara bergantian, menggunakan kode QR. Kami masih selidiki siapa yang berperan menjual kode QR tersebut,” kata Hermansyah saat rilis di Mapolres Ogan Ilir, Indralaya.

Baca Juga :   Pj Bupati Simeulue Hadiri Upacara HUT Satpam Ke-42 di Mapolres Simeulue

Hermansyah menjelaskan, tersangka menimbun biosolar dengan membelinya dalam jumlah besar. BBM tersebut lalu dimuat ke tangki kapasitas 110 liter yang ada di bak mobil truk.

Tersangka juga memodifikasi truk agar dapat menyalurkan BBM secara otomatis ke gudang penimbunan. Caranya dengan memasang selang dari tangki di dalam bak truk yang dapat disambungkan ke jerigen BBM di gudang.

“Di dashboard mobil truk ada saklar yang dipasang. Kalau ditekan ke posisi ‘on’ maka biosolar dari tangki bisa mengalir ke tempat penampungan di gudang,” terang Hermansyah.

Baca Juga :   Polres Ogan Ilir Ringkus Pelaku BBM Subsidi Ilegal

Selain meringkus tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 48 jerigen berisi biosolar, mobil truk modifikasi, corong minyak, buku catatan, ponsel, dan uang tunai Rp 1,2 juta.

Tersangka dijerat dengan Pasal 40 angka 9 Undang Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang cipta kerja, tentang perubahan Pasal 55 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang migas, Juncto Pasal 25 Ayat 1 KUHP tentang perlindungan konsumen.

“Ancaman hukuman bagi tersangka ini 6 tahun penjara dan denda Rp 60 miliar,” Tutup Hermansyah. (Arman/Red)