Polres Bener Meriah Gencarkan Sosialisasi Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan

Bener Meriah, wartaterkini.news–Untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan, personel Polres Bener Meriah gencar melakukan patroli dan sosialisasi tentang bahaya karhutla kepada masyarakat diwilayahnya, Kabupaten Bener Meriah.

Kapolres Bener Meriah AKBP Indra Novianto, SIK dalam keterangan tertulis nya pada hari Selasa (02/08/22), mengatakan, kegiatan yang dilakukan personel Polsek Jajaran Polres Bener Meriah ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Bener Meriah.

Baca Juga :  Kapolres Magelang Serahkan Bantuan Metal Detector Kepada Unit Pam Obvit

“Dalam sosialisasi nya personel kita menyampaikan kepada warga / Masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran baik di wilayah hutan maupun pada saat melakukan pembukaan lahan pertanian/ Perkebunan”,kata Indra Novianto.

Karena sangsi untuk melakukan pembakaran hutan/Lahan sesuai dengan UU Nomor 41 tahun 1999 Tentang Kehutanan Dan UU nomor 18 Tahun 2004 Tentang Perkebunan Serta Uu Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup

Baca Juga :  Polres OKU Selatan Ringkus Oknum Kepala Desa Pelaku Asusila

Sangsi atau ancaman hukuman bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan ini sangatlah berat, yakni barang siapa dengan sengaja membakar hutan, diancam dengan pidana penjara paling lama 15 Tahun dan denda maksimal 5 miliar rupiah.

Pada kesempatan tersebut AKBP Indra Novianto juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bener Meriah agar tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan pertanian, apa bila melihat atau mengetahui terjadinya kebakaran lahan dan hutan agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian atau petugas pemadam kebakaran dan tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat.

Baca Juga :  Kabut dan Angin Kencang Hambat Operasi Pemadaman Udara Kebakaran Hutan Jatim

“Mudah mudahan dengan adanya kita lakukan patroli dan sosialisasi ini, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Bener Meriah dapat di cegah” ucap Indra Novianto. (Charim/Red).

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini