banner 728x250

Polda Maluku Gelar Rapat Koordinasi Operasi Lilin 2023

Tanimbar Malut, wartaterkini.news–Persiapan keamanan Natal 25 Januari 2023 dan tahun baru 1 Januari 2024 dimaksudkan untuk menyamakan persepsi baik antar Pemerintah Daerah, TNI maupun instansi terkait agar terjadi keterpaduan gerak langkah di lapangan sehingga tidak terjadi miss komunikasi baik dari segi data maupun kecepatan dan keterbukaan informasi.

“Jika muncul permasalahan serius, dapat diatasi secara tepat dan cepat,” ujar Wakapolda Maluku, Brigjen Pol. Stephen M. Napiun dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Operasi Lilin 2023 di Ambon, Kamis (14/12//2023).

Rapat tersebut dikuti oleh Pj Bupati Kepulauan Tanimbar Piterson Rangkoratat dan Forkompinda melalui aplikasi zoom meeting yang berlokasi di Mapolres Kabupaten Kepulauan Tanimbar Jl. Ir. Soekarno, Saumlaki.

Dalam arahannya Wakapolda Maluku mengatakan,  pelaksanaan rapat koordinasi saat ini juga sebagai wujud dari rapat hasil koordinasi yang dilaksanakan di Mabes Polri pada tanggal 7 Desember 2023 yang lalu.

Baca Juga :   Rancangan Perpres Publisher Rights Segera Disahkan

Disamping itu pula koordinasi ini juga sebagai wujud dari baik Polri, Pemerintah Daerah, TNI maupun instansi terkait dalam hal menghadapi Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Menghadapi Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, akan diadakan operasi kepolisian secara serempak di seluruh Indonesia yaitu Operasi Lilin Salawaku 2023 yang akan dilaksanakan selama 12 hari terhitung dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024,” kata Brigjen Stephen.

Untuk kesiapan operasi dimaksud Polri lewat rapat koordinasi mengharapkan adanya peran semua pihak bersama-sama bekerja sesuai bidang tugas masing-masing demi untuk kelancaran pelaksanaan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024.

“Gunakan rapat koordinasi ini untuk menjadikan persiapan setiap instansi sehingga apa yang menjadi kendala dan hambatan dapat teratasi sehingga Perayaan Natal Tahun 2023 hingga Tahun Baru 2024 dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama yaitu aman dan lancer,” pungkasnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Pelayanan, Lapas Pamekasan Berikan Fasilitas Kartu Parkir Bagi Pengunjung

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Le dalam sambutannya menyambut positif atas diselenggarakannya kegiatan rapat koordinasi keamanan Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan oleh Kepolisian, semoga kegiatan ini semakin meningkatkan komitmen untuk mewujudkan perayaan natal dan tahun baru yang aman dan damai.

“Sebagai bentuk kebersamaan dan solidaritas kita sebagai Aparatur Negara baik Pemerintah Daerah, TNI, Polri maupun instansi vertikal lainnya.

Sehubungan dengan itu Sadali Le sampaikan beberapa hal yang telah dilaukan pemerintah provinsi Maluku dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan natal 25 Desember 2023 dan tahun baru 1 Januari 2024.

“Telah melakukan berbagai langkah guna menjaga ketersediaan stok barang di pasar dan eksekusi menjelang Natal dan Tahun Baru,” Kata Sekda.

Ketersediaan stok dan distribusi barang untuk penyelenggaraan Natal dan Tahun Baru dan persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) di masa kampanye ini pemerintah daerah provinsi Maluku dan pemerintah daerah se-kabupaten/kota se-maluku telah mempersiapkan personil dan Satpol PP yang akan diberbantukan dalam Pengamanan pemilu serentak tahun 2024 sebanyak 5.075 personal Linmas dan 2052 personal Satpol PP yang tersebar di 11 kabupaten/kota.

Baca Juga :   Satgas Preemtif OMB Polres PALI Gelar Rapat Koordinasi Penertiban Alat Peraga Kampanye

“Mengingat perayaan natal dan tahun baru kali ini bersamaan dengan masa kampanye pemilu serentak tahun 2024 Kami menghimbau kepada seluruh Aparatur Negara baik pemerintah daerah, TNI, Polri, KPU, Bawaslu dan instansi-instansi terkait untuk meningkatkan kerjasama dan Sinergitas dalam rangka menjaga stabilitas keamanan guna kelancaran masa kampanye di Provinsi Maluku,” Pungkasnya. (MC Kab. Kepulauan Tanimbar/Wind)