Plt. Kadis Kominfo OKU Selatan Ingatkan Masyarakat, Tidak Mudah Terprovokasi Dengan Informasi Belum Pasti Menjelang Pilkada

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Menjelang Pilkada yang akan berlangsung November nanti, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Zakiah., S.E.,MM menghimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dalam menanggapi Informasi yang belum pasti dia kebenarannya.

“Masyarakat jangan mudah menerima informasi yang disampaikan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi informasi yang berpotensi memicu gerakan mengganggu stabilitas keamanan daerah,” ucap Kepala Diskominfo OKU Selatan. Jum’at (05/07/2024).

Zakiah menilai, mendekati Pelaksanaan Pemilihan langsung Kepala daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pada bulan November mendatang, belum dapat dipastikan siapa calon pasangan kepala daerah yang akan berkompetisi memperebutkan kursi orang nomor satu di OKU Selatan ini.

Untuk itu, dirinya mengajak warga OKU Selatan agar tidak terpengaruh oleh situasi dan dinamika yang bisa menimbulkan konflik perpecahan. Dia berharap masyarakat dapat secara bijak menggunakan media sosial dan tidak mudah termakan isu-isu tanpa sumber yang jelas.

Baca Juga :   Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

“Karena secara resmi, Komisi Pemilihan Umum akan membuka pendaftaran bagi pasangan calon kepala daerah pada bulan September mendatang. Dengan demikian, penting bagi kita untuk berperan aktif menciptakan kondisi dan situasi di kabupaten OKU Selatan agar tetap kondusif, ” ungkapnya.

Lebih lanjut Zakiah menyampaikan, pada era digitalisasi ini masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terkait berita-berita hoaks yang biasanya tersebar dengan cepat dan masif.

“Hoaks menjadi permasalahan krusial yang harus segera diatasi karena merusak pikiran masyarakat, dan memunculkan kegelisahan publik,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran berita-berita hoaks, masyarakat perlu memahami beberapa langkah, diantaranya diperlukan cek dan ricek sebuah informasi.

“Pastikan mendapatkan informasi atau berita yang bersumber dari situs-situs resmi dan telah terverifikasi kebenarannya,” Sebutnya.

Baca Juga :   Pemerintah Fokus Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan

Selanjutnya, Zakiah menginformasikan untuk memastikan kebenaran informasi dapat dilakukan dengan cara memeriksa fakta dan kebenaran berita dengan cara melihat beberapa sumber lain, agar mendapat tambahan referensi yang terpercaya.

“Dengan adanya ketelitian serta kejelian masyarakat dalam memilah informasi dengan benar, tentu masyarakat juga tidak mudah terpancing. Apalagi, berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada. Kita menginginkan pelaksanaan Pilkada di kabupaten OKU Selatan, bisa berjalan damai dan bebas dari berita hoaks,” jelasnya

Plt. Kadis Kominfo menjelaskan setiap warga Negara berhak untuk memilih dan dipilih sehingga tidak masalah apabila ada yang berkeinginan mengabdi dan berbakti untuk kepentingan masyarakat luas melalui proses demokrasi pada pelaksanaan Pilkada.

Selain itu, dia juga mengatakan semua pasangan yang mencalonkan diri itu baik dan punya keinginan untuk kemajuan kabupaten OKU Selatan yang lebih baik lagi. Karena itu, dirinya mengajak masyarakat untuk memujudkan Pilkada yang riang gembira, sejuk dan damai karena tujuan berdemokrasi adalah untuk kemajuan masyarakat OKU Selatan.

Baca Juga :   Pemkot Jakpus Ingatan untuk Tetap Jaga Kerukunan Umat Beragama Jelang Pilkada

“Siapa pun nantinya, yang mendapatkan mandat dari masyarakat kabupaten OKU Selatan melalui Proses pelaksanaan Pilkada, itu harus kita dukung demi terciptanya kemajuan dan kemaslahatan masyarakat kabupaten OKU Selatan yang lebih sejahtera,” tandasnya. (Red)