banner 728x250

Pitaran Pelatih Pusdiklatcab Tidar Giri Kota Magelang Sukses Digelar

Kota Magelang Jateng, wartaterkini.newsPusdiklatcab Tidar Giri Kota Magelang menggelar kegiatan Pitaran Pelatih secara daring, Selasa (31/01/2023) pukul 19.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Kegiatan tersebut mengusung tema “Strategi Tim Pelatih Hebat dan Komitmen Sukses Diklat (Kursus)”

Acara melalui Zoom Meeting tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Magelang Hamzah Kholifi, S.Sos, M.Si. kegiatan dipandu Host Acara, Susilowati, S.Pd, S.Kom (Kak Susi) selaku Andalan Binawasa Kwartir Cabang Kota Magelang.

Adapun narasumber dari Tim Pelatih Pusdiklatnas (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional), Aditya Wisaksono, S.Pt atau akrab disapa Kak Tyok. Narasumber yang juga menjabat Sektretaris Pusdiklatda Jawa Tengah ini memaparkan materi tentang “Profile Tim Pelatih Hebat”.

Pitaran Pelatih ini diikuti oleh Anggota Tim Pelatih Pusdiklatcab Tidar Giri Kota Magelang, dominan hadir anggota Pelatih Kwarcab Kota Magelang yang sedang menempuh Naratama Dasar pasca kursus KPD (Kursus Pelatih Dasar). Selain itu juga diikuti oleh para pelatih dari luar daerah, seperti Karanganyar, Demak, Pemalang, Sukoharjo, Klaten, bahkan dari Jawa Barat, yaitu Kwarcab Garut.

Baca Juga :   Lakukan Sterilisasi Gereja, Polda Sumbar Berikan Rasa Aman saat Malam Misa Natal

Kegiatan ini juga dihadiri Waka Binamuda Nurwiyono, M.Pd, Sekretaris Kwarcab Kota Magelang Narto Susilo, M.Pd, dan Kepala Pusdiklatcab Tidar Giri Kota Magelang, Heriyono, M.Pd selaku penanggung jawab kegiatan. Hadir pula Sekretaris Kwartir Daerah Jawa Tengah Ahmad Istajib, S.Pd.

Dalam sambutan pembukaan acara, Ketua Kwartir Cabang Kota Magelang Hamzah Kholifi, S.Sos, M.Si berharap Pitaran Pelatih tersebut dapat memberikan energi kepada Tim Pelatih Tidar Giri dalam setiap penugasan di Kwartir Cabang dengan Tim Pelatih Hebat.

“Sehingga tujuan diklat tercapai dan sesuai dengan harapan masyarakat. Pelatih merupakan tenaga pendidik dan terdidik yang berlisensi terus mengembangkan diri dan berinovasi. Kepada narasumber Kak Tyok, kami ucapkan terimakasih berkenan berbagi ilmu dengan kami dan seluruh peserta Pitaran Pelatih secara daring ini,” ucapnya.

Peserta tampak antusias dan serius dalam mengikuti materi Zoom Meeting. Kebanyakan dari peserta berharap bahwa Pitaran Pelatih ini sering diadakan. Karena merupakan kesempatan untuk menimba ilmu dan mengasah kemampuan diri, meningkatkan kompetensi seorang Pelatih Pembina Pramuka.

Baca Juga :   Disdik OKU Selatan Apresiasi Kampung Inggris

Sementara Sekretaris Kwarda Jawa Tengah Ahmad Ustajib menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya Pitaran Pelatih ini. Dia menyarankan ke depannya Kwarcab Kota Magelang agar memfasilitasi workshop untuk Pembina-Pembina Gudep dan Kamabigus Kota Magelang.

“Hal ini menjadi penting dalam menyikapi dinamika Gerakan Pramuka di Gugus Depan,” sarannya.

Dalam paparannya, Kak Tyok menyampaikan materi antara lain ciri-ciri Pelatih Hebat. Yaitu Harmonis, Komitmen, Responsif, mampu menjadi Teamwork, dan Bermoral.

Menurut Sekretaris Pusdiklatda Jawa Tengah ini, ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki seorang Pelatih. Pertama, Andragogi, yaitu kemampuan mengelola peserta pelatihan. Kedua, Kepribadian, yaitu bertindak sesuai norma, mencerminkan karakter Pramuka, dan menjadi teladan kebaikan.

Ketiga, lanjut Kak Tyok, adalah Kompetensi Sosial, yaitu kemampuan bergaul, berkomunikasi, dan berjejaring.

“Yang keempat adalah Profesional, yaitu menguasai substansi materi kepelatihan, termasuk memiliki keahlian khusus, dan mampu bekerja penuh waktu,” terang Kak Aditya Wicaksono.

Baca Juga :   Jelang Nataru, PLN Terapkan Masa Siaga Kelistrikan Nasional

Kak Tyok juga menjelaskan bahwa seorang pelatih memiliki beberapa peran. Ada enam peran pelatih, yaitu sebagai Narasumber, Instruktur, Pelatih, Pelatih Pendamping, Pelatih Pembimbing, dan sebagai Konsultan Kepramukaan.

Zoom Meeting Pitaran Pelatih berlangsung seru saat tiba sesi diskusi dan tanya jawab hingga akhir acara. Ka Kwarcab Kota Magelang pun turut mendampingi kegiatan dari awal hingga akhir acara.

Penyelenggara Kegiatan Pitaran Pelatih Pusdiklatcab Tidar Giri Kota Magelang, Kak Susi mengatakan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik karena sinergitas Pusdiklatcab dan Binawasa Kwarcab Kota Magelang. (Kelana/Red)