banner 728x250

Pimpin Upacara, Sekda DKI Tekankan Pentingnya Jiwa Bela Negara oleh Masyarakat

Jakarta, wartaterkini.news–Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 di Lapangan Silang Monas, pada Selasa (19/12/2023).

Dengan tema, ‘Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju’, upacara ini dihadiri seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi DKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Sekda Joko membacakan amanat Presiden Joko Widodo.

Sekda Joko mengatakan, Hari Bela Negara Tahun 2023 merupakan momentum bagi lapisan masyarakat untuk bersatu dan berkontribusi positif demi cita-cita bersama dalam memajukan Indonesia. “Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara,” ujar Sekda Joko.

Baca Juga :   Cegah Peredaran Narkoba, Polres OKU Selatan Larangan Masyarakat Mainkan Musik Remix

Sekda Joko juga menegaskan, setiap warga khususnya di DKI Jakarta harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan negara tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. “Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat, khususnya di Jakarta,” jelas Sekda Joko.

Oleh karena itu, upaya bela negara harus menjadi tugas utama bagi warga negara dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Aksi ini juga bukan hanya terkait pada aspek militer saja. Lebih luas lagi, diharapkan upaya bela negara dapat diaplikasikan semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari- hari.

Baca Juga :   Diduga Tidak Sesuai, Masyarakat Karang Agung Tolak Pembayaran Kompensasi Rumah Retak Oleh PT Daqin Citra PTS

“Setiap tindakan sekecil apapun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret bela negara. Saya mengajak warga (Jakarta) untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air,” ungkap Sekda Joko.