Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBeritaPilkades Sakita Morotai, Cakades 02 Delpus Kondihi Menang Telak. Melaju Seperti Kilat

Pilkades Sakita Morotai, Cakades 02 Delpus Kondihi Menang Telak. Melaju Seperti Kilat

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Sakita, Kecamatan Morotai Utara resmi digelar. Calon Kepala Desa (Cakades) Nomor Urut 02 Delpus Kondihi menang telak, raih suara terbanyak.

Amatan wartaterkini.news, selasa (19/04/2022). Pesta Demokrasi Pilkades yang berlangsung di Kantor Desa Sakita, diikuti oleh 3 Cakades. Cakades 01 Erhans Kadim, Cakades 02 Delpus Kondihi dan Cakades 03 Feri Rusmanto M.

Setelah penghitungan suara, nampak Cakades 02 Delpus Kondihi berhasil meraih suara terbanyak, di TPS 1 sebanyak 127 suara dan TPS 2 sebanyak 141 suara dengan total 268 suara.

Baca Juga :  Penagihan Uang Retribusi Nelayan Andon Oleh 4 Pemdes Seira Diduga Timbulkan Konflik

Sementara Cakades 01 Erhans Kadim, di TPS 1 hanya meraih 28 suara dan TPS sebanyak 36 suara dengan total 64 suara.

Kemudian Cakades 03 berhasil meraih suara terbanyak kedua, di TPS 1 hanya 61 suara dan TPS 2 sebanyak 59 suara dengan total 120 suara.

“Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Sakita berjumlah 665 orang dan yang ikut pemilihan hanya 453 orang karena sebagiannya berada di luar daerah serta tidak memenuhi syarat ikut pemilihan. Dari 453 pemilih sah hanya terdapat 1 suara yang rusak,” ungkap Yus Sugianto Posu, Panitia Pilkades Sakita.

Baca Juga :  Jelang Pilkades, Para Mantan Kades di Morotai Mulai Pertanyakan Syarat Rekomendasi Inspektorat
Proses penghitungan Suara

Diselah itu, Mujakir Sibua mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morotai, mengingatkan bahwa meskipun terdapat suara-suara keras pada awal pemungutan suara, namun situasi tersebut merupakan hal yang biasa dalam proses berdemokrasi.

“Suka tidak suka, ini adalah pemimpin kita, dia pemimpin yang lahir dari Desa Sakita, hasil pemilihan kita,” timpal Mujakir usai pemungutan suara.

Sekedar diketahui, pelaksanaan Pilkades Sakita berjalan aman, pasca pemungutan suara, para saksi dari ketiga Cakades pun ikut mendatatangani berita acara hasil pemungutan suara. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News