Piala Dekan FH, Ajang Aktualisasi Gen Z Sebagai Penerus Bangsa

Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Piala Dekan dengan agenda Lomba Debat Bahasa se-Kedu. Mengangkat tema ‘Aktualisasi Peran Gen Z dalam Menyikapi Pemimpin Baru’, lomba diikuti oleh siswa SMA/ SMK di Gedung FH, Kamis (13/06/2024). (foto: dok. FH UNIMMA/Narwan)

Magelang Jateng, wartaterkini.news Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Piala Dekan dengan agenda Lomba Debat Bahasa se-Kedu. Mengangkat tema ‘Aktualisasi Peran Gen Z dalam Menyikapi Pemimpin Baru’, lomba diikuti oleh siswa SMA/ SMK di Gedung FH pada Kamis (13/06/2024).

Ketua Panitia kegiatan Alaika Nurilhikam mengatakan, salah satu kompetensi yang berkembang di kalangan generasi muda saat ini adalah kemampuan berkomunikasi yang didukung oleh kemampuan analitis dan berpikir kritis.

“Dalam rangka mendukung kompetensi tersebut, terutama bagi kalangan siswa-siswi SMA/SMK, salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah partisipasi dalam lomba debat,” ujarnya.

Disebutkan, lomba debat yang diselenggarakan juga bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme siswa SMA/SMK sebagai penerus bangsa.

Sementara itu, Dekan FH UNIMMA Dr. Dyah Andriantini Sintha Dewi, S.H., M.Hum, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta lomba. “Terima kasih untuk partisipasi seluruh peserta lomba debat ini. Tentunya melalui perlombaan debat ini, peserta dapat mengasah kemampuan dan pengetahuannya tentang isu-isu yang sedang hangat di masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :   Sambut hari Bhayangkara ke 78, Polsek Bebelan gelar Penanaman Pohon

Dekan juga mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang lomba dan berharap agar gen Z dapat mengaktualisasikan potensi diri dengan positif.

“Selamat dan sukses bagi juara yang telah berhasil meraih prestasi. Bagi yang belum, insya Allah di lain waktu masih banyak kesempatan untuk meraih juara,” tambahnya.

Adapun Juara 1 Lomba Debat dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Magelang, diikuti Juara 2 diraih oleh SMA Negeri 1 Purworejo dan Juara 3 oleh SMK Negeri 1 Wonosobo. Selain itu, dalam Lomba Video Vlog, Juara 1 diraih oleh MA Negeri 2 Magelang, sedangkan juara 2 diperoleh SMK Muhammadiyah Magelang dan Juara 3 diraih SMK Muhammadiyah Kebumen. (Narwan/Red)