Peringati HAB Ke-73 Popo Ali Sampaikan Pidato Mentri Agama

OKU Selatan, Wartaterkini.News–Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU ) Selatan memperingati hari lahir Kementerian Agama yang ke-73. Hari lahir kementerian agama yang bermotto Ikhlas Beramal ini diperingati sebagai Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. Kamis ( 3 / 1 / 2018 ).

Peringatan HAB ke – 73 Kementerian Agama ditandai dengan upacara yang digelar di Dermaga Ponton Banding Agung Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Tampak hadir pada upacara tersebut Bupati OKU Selatan, Popo Ali, Kemenag dan jajarannya, Ketua DPRD, FKPD, OPD, para camat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali, bertindak selaku inspektur upacara dan menyampaikan sambutan Kementerian Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Dalam pidato sambutan tersebut, Kementerian Agama menyampaikan 73 tahun silam tepatnya pada 3 Januari 1946 pemerintah membentuk Kementerian Agama sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara dan berpemerintahan dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :  FRPB Pamekasan Bantu Evakuasi Korban Longsor di Nganjuk, Sekaligus Penyaluran Bantuan Sembako

Pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan negara sampai saat ini. Berdirinya Kementerian Agama guna untuk menjaga dan memelihara sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan di masyarakat.

“Dengan beragamnya agama, suku dan ras toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain. Sementara moderasi beragama merupakan upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebihan dan ekstrim. Adapun pembangunan akhlak merupakan aspek yang sangat fundamental sebagai pilar utama keadaban bangsa, agar kita semua tidak tercerabut dari fitrah kemanusiaan”, ujar Popo Ali saat membacakan pidato sambutan tersebut.

Baca Juga :  Advokat Mudah Jakarta Nilai Beli Mobil Dinas DPRD Matim Bukan Prioritas

Selain itu dengan peringatan HAB ke – 73 ini mengajak semua lapisan masyarakat untuk senantiasa menegakkan lima nilai budaya kerja kementerian Agama yakni integritas, professionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Setiap pejabat dan birokrat Kementerian Agama harus memerankan diri sebagi pelayan masyarakat dan tempat berlabuhnya kepercayaan umat. Harus diingat bahwa anjuran agar menjaga integritas tidak akan banyak pengaruhnya apabila kita sendiri tidak terlebih dahulu mempraktikkan dan membuktikannya.

Baca Juga :  Karena Bakar Sampah, Lapak dan Bedeng di Jakarta Barat Terbakar

Diakhir pidato sambutan yang dibacakan Bupati OKU Selatan, Menteri Agama menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah provinsi dan kabupaten / kota di seluruh Indonesia serta kepada semua instansi terkait atas dukungan dan kerjasama lintas sektoral dalam pembangunan kehidupan beragama selama ini. Semoga kerjasama dan kebersamaan itu dapat ditingkatkan di masa – masa mendatang.

Peringatan HAB ke-73 tahun 2019 yang mengangkat tema ” Bersih Melayani ” dan motto ” Jaga Kebersamaan Umat ” berjalan lancar dan tertib meski sempat tertunda karena turun hujan. (Ayik/ Saropi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini