banner 728x250

Peringatan HPN 2024 Perkuat Eksistensi Media

Jakarta, wartaterkini.news–Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang akan digelar pada 9 Februari 2024 mendatang di Jakarta dinilai akan memperkuat eksistensi media dan menjadi momen untuk menghargai kontribusi semua pihak di industri pers, di tengah era kemajuan digital yang semakin masif dalam beberapa tahun terakhir.

โ€œDalam rangkaian HPN, perayaan itu menjadi momen untuk menghargai kontribusi wartawan, redaktur dan semua pihak yang terlibat dalam industri pers dalam penyediaan informasi yang akurat, berimbang dan bermanfaat bagi masyarakat,โ€ ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong, dalam Forum Diskusi Media “AI dan Keberlanjutan Media” di Jakarta pada Senin (29/1/2024).

Menurut Dirjen Usman, Hari Pers Nasional menjadi kesempatan untuk menyoroti tantangan dan perjuangan yang dihadapi oleh media massa dalam menjalankan tugasnya mempromosikan kesadaran akan pentingnya kebebasan Masyarakat.

Peringatan HPN 2024 dinilai akan memperkuat solidaritas pelaku industri di Indonesia dalam menghadapi berbagai disrupsi teknologi yang berkembang pesat.

โ€œSecara khusus peringatan HPN itu tidak hanya mengenal peran penting media dalam masyarakat tetapi juga menggarisbawahi pentingnya kebebasan pers dalam menjaga demokrasi dan keterbukaan informasi,โ€ jelasnya.

Baca Juga :   Rayakan Hari Pers Nasional, PWI dan SMSI OKU Selatan Potong Tumpeng

Lebih lanjut Dirjen IKP Usman mengatakan, beberapa nilai yang terkait dari Hari Pers Nasional antara lain kebebasan berbicara, transparansi dan akuntabilitas, keadilan dan kesejahteraan sosial, informasi dan pendidikan, serta pluralisme dan toleransi.

โ€œMari kita ingat betapa pentingnya kebebasan pers dalam menjaga demokrasi memperjuangkan keadilan dan mempromosikan kebenaran,โ€ kata Usman Kandong.

โ€œSemoga semangat itu terus membara dan mari kita terus mendukung kebebasan dari integritas dalam bidang jurnalistik,โ€ pungkas Dirjen IKP Kominfo. (*)