banner 728x250

Peringatan Harnus 2023 Beri Dampak Positif Perekonomian di Kota Tidore

Tidore Malut, wartaterkini.news–Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo, menyatakan bahwa penyelenggaraan Hari Nusantara (Harnus) 2023 yang berlangsung pada 10- 13 Desember 2023 memberikan dampak positif terhadap perekonomian di wilayahnya.

“Kegiatan seperti itu sangat membawa dampak pada pergerakan ekonomi di Kota Tidore Kepulauan. Kami sadar bahwa infrastruktur terkait akomodasi dan penginapan belum banyak tersedia di Tidore. Tapi dari segi transportasi sangat luar biasa di Tidore,” kata Ismail Dukomalamo, di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut), Rabu (13/12/2023).

Ia menyebut bahwa pendapatan pada bidang transportasi meningkat mencapai tiga kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Baca Juga :   Bayu Afriansyah Politisi Partai Demokrat Kembali Gelar Reses Di Daerah Dapil Pilihannya

“Bapak ibu boleh uji di lapangan, dampaknya sangat luar biasa. Yang dulunya dari segi ekonomi pendapatanya hanya Rp1 juta perhari, hari ini bapak boleh tanya bisa Rp3.000.000-Rp5.000.000 perhari. Itu alhamdulliah sekali,” ujar dia.

Selain transportasi, dunia pariwisata juga mendapatkan dampak yang signifikan. Hal itu terlihat okupansi penginapan di Tidore yang cukup tinggi. Dari 300 kamar home stay yang tersedia, semua terisi penuh.

“Jadi untuk dunia pariwisata juga memiliki dampak positif,” jelas dia.

Bahkan, ia mengakui bahwa peningkatan keterisian penginapan pada acara puncak Hari Nusantara 2023 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan acara Sail Tidore 2022.

Baca Juga :   Salah satu oknum camat di kabupaten OKI jarang ngantor,seperti halnya camat sungai menang

Melihat dampak tersebut, Ia berharap pemerintah pusat bisa menjadikan Kota Tidore sebagai tuan rumah di iven- iven nasional berikutnya.

“Teman- teman dari pusat dan TNI AL, kapan saja kami bersedia menyelenggarakan acara- acara nasional seperti ini,” ujar dia.

Tidore Kepulauan menjadi tuan rumah dalam peringatan Hari Nusantara 2023 yang dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan.

Beberapa rangkaian acara diantaranya, senam bersama goyang Tidore, lomba renang, bakti kesehatan, karnaval budaya, bakar sate ikan terbanyak, dan penanaman pohon mangrove.

Pada puncak acara, digelar demonstrasi paramotor, pagelaran tari kolosal, sailling pas, parade perahu nelayan, dan penampilan grup band Slank.

Baca Juga :   Libur Nataru, Polisi Kediri Aktif Patroli Cegah Kriminalitas di Tempat Wisata

Sejumlah pejabat pun hadir di acara puncak Hari Nusantara 2023 diantaranya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim dan tamu undangan lainnya.