Peringatan 1 Muharram Sebagai Momentum Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Prajurit

Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan peringatan 1 Muharram 1444 H di Mushala As Syuhada Kodim setempat dengan penceramah H. Ahmad Ridho, Senin (01/08/2022). (foto: Narwan WT)

Wonosobo Jateng, wartaterkini.newsKodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan peringatan 1 Muharram 1444 H yang diisi dengan tausyiah dan doa bersama. Kegiatan bertempat di Mushala As Syuhada Kodim setempat dengan penceramah H. Ahmad Ridho, Senin (01/08/2022).

Pasi Pers Kodim Letda Inf Dremo saat membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan ini mengambil Tema “ Tahun Baru Islam 1444 H sebagai Momentum  memaknai hidup dengan semangat hijrah”.

Letda Inf Dremo mewakili Komandan Kodim Letkol Inf Rahmat menyampaikan, peringatan Tahun Baru Islam ini pada hakikatnya merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting bagi umat Islam. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa pada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga :  8 Tuntutan KAMI, Aziz Syamsuddin: Wajar Negara Demokrasi

Dalam ceramahnya H. Ahmad Ridho mengimbau agar tidak henti-hentinya selaku umat Nabi Muhammad SAW selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

“Kita tidak mengalami nasib seperti para sahabat Nabi yang sampai hijrah dari Mekah ke Madinah.  Mereka meninggalkan segala harta benda demi mengikuti perintah untuk berhijrah,” terang Ahmad Ridho.

Saat ini, lanjut Ridho, kita tinggal meneruskan dan mengamalkan apa yang telah menjadi perintah dan mengikuti ajaran Nabi.

“Yang mana beliau telah membawa umatnya dari zaman jahiliyah sampai zaman yang penuh pengetahuan seperti sekarang,” lanjutnya.

Baca Juga :  Melalui Sepak Bola, Kodim 0707/Wonosobo Jalin Persahabatan Dengan Perangkat Desa

Ahmad Ridho mengingatkan bahwa saat ini umat muslim memperingati pergantian tahun, artinya saat ini memasuki tahun baru.

“Tahun yang lalu kita evaluasi sejauh mana amalan yang telah diperbuat. Antara perbuatan yang baik dengan yang jelek lebih banyak mana?” ucapnya

Ditandaskan, sebab nanti setelah meninggal dunia akan dihisab. Untuk itu sebelum dihisab oleh Sang Pencipta Ahmad Ridho mengajak hadirin untuk menghisab diri sendiri.

“Sehingga di tahun yang baru ini bisa meningkat amal ibadah kita,” ajaknya

Solusi yang ditawarkan dalam berhijrah sebagai upaya meningkatkan keimanan tersebut adalah yang pertama niat yang ikhlas. Hijrah bukan karena tendensi dunia atau kepentingan dunia tetapi ikhlas karena Allah.

Baca Juga :  Danrem 072/Pamungkas Lakukan Kunjungan Kerja ke Kodim 0707/Wonosobo

Seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkannya dan sesuai dengan niat hijrahnya. Karena yang namanya hati sering berubah-ubah dan mudah berubah niatnya.

“Niat dan ikhlas adalah perkara yang berat untuk dijaga agar istiqamah dan sangat membutuhkan pertolongan Allah,” ujarnya.

Yang kedua segera mencari lingkungan yang baik dan sahabat yang salih. Yang ketiga menguatkan fondasi dasar tauhid.

“Yang keempat mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya, dan yang terakhir berusaha tetap terus beramal walaupun sedikit,” pungkas H. Ahmad Ridho. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini