banner 728x250

Peran Pers Penting untuk Kondusifkan Pemilu 2024 di Kabupaten Ogan Ilir

Ogan Ilir Sumsel, wartaterkini.news– Dalam upaya mewujudkan Pemilu 2024 yang kondusif, Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir telah menggelar konsolidasi dengan insan pers.

Bertempat di Beston Hotel Palembang pada Jumat, 8 Desember 2023, Ketua Bawaslu, Dewi Alhikmah Wati, mengajak seluruh insan pers untuk menangkal hoaks selama pesta demokrasi yang dijadwalkan pada bulan Februari 2024 mendatang.

Menurut Dewi, peran media sangatlah vital dalam memberikan informasi yang benar, terupdate, dan akurat kepada masyarakat terkait tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga :   Rektor UNIMMA Hadiri Pembukaan Musywil Muhammadiyah ‘Aisyiyah Jawa Tengah

“Kita mengajak rekan-rekan media untuk bersama-sama memerangi hoaks, memberikan pencerahan kepada pemilih, dan bekerja sama dalam pengawasan agar prosesnya berjalan dengan kondusif,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris PWI Provinsi Sumsel, Dwitri Kartini, menegaskan pentingnya menjalankan kode etik jurnalistik.

“Kode etik jurnalistik adalah panduan etika kerja dan moral wartawan yang tidak hanya melindungi organisasi dan anggota profesi, tetapi juga membatasi penulisan terkait Pemilu 2024,” paparnya.

Baca Juga :   Perkara Pemilu Kades Cendana Morotai, Masuk Tahap Pemeriksaan

Dengan regulasi yang berlaku, seperti PKPU dan peraturan dari Bawaslu, Dewi menekankan bahwa menjalankan kode etik jurnalistik akan menjadi landasan penting bagi para awak media dalam menjalankan tugasnya selama Pemilu 2024. (Arman/Red)