banner 728x250

Penyandang Disabilitas Apresiasi Fasilitas Nonton Debat Keempat Pilpres 2024 di Kominfo

Jakarta, wartaterkini.news–Para penyandang disabilitas tuna rungu menyatakan, fasilitas ruangan untuk nonton  live debat Pilpres 2024 Keempat di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah bagus.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gera Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin), Juniati, seperti yang dilansir dari InfoPublik saat nonton  secara langsung atau live Debat Keempat Pilpres  2024 di Ruang Rapat Maladi, Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

“Fasilitas ruangan sudah oke dan bagus,”  kata Juniati.

Baca Juga :   Kominfo - PBNU akan Kembangkan Kerja Sama Transformasi Digital

Namun, Juniati menyarankan agar TV berukuran besar di Ruang Rapat Maladi agar diperbaiki.

Selain itu, Juniati mengimbau agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai penyelenggara debat calon presiden-wakil presiden, untuk memperhatikan kemudahan akses tulisan atau teks sesuai penglihatan.

Menurut Juniati, fasilitas terhadap juru bahasa isyarat (JBI) juga perlu ditambah agar mempermudah penyandang disabilitas tuna rungu.

“Kotak untuk juru bahasa isyarat (JBI) agar lebih besar karena tuli lebih mengandalkan penglihatan, seperti  orang dengar lebih mengandalkan suara yang  jelas dan keras,” kata Juniati.

Dalam pantauan Infopublik, terhadap sekitar 20 orang disabilitas tuna rungu yang menyaksikan live debat keempat Pilpres 2024 di Ruang Rapat Maladi .

Baca Juga :   World Water Forum ke-10 Jadi Penentu Strategi Pengelolaan Air Dunia

Para penyandang disabilitas terlihat antusias menyaksikan debat keempat Pilpres 2024.

Debat keempat Pilpres 2024 berlangsung pada Minggu (21/1/2024) pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Peserta debat  yakni Cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Sedangkan tema debat keempat Pilpres 2024 yakni Pembangunan Berkelanjutan dan Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam dan Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Sedangkan debat kelima Pilpres 2024 akan dilaksanakan pada Minggu (4/2/2024), dengan tema yakni  Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Baca Juga :   Tinjau Pasar Senggol Dumai, Presiden Pastikan Stabilitas Pangan Terjaga Baik

Pemilu 2024 akan digelar pada Rabu (14/2) untuk memilih presiden-wakil presiden, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/ Kota, dan DPD. (*)