Penutupan Program Rehabilitasi Sosial dan Medis 2023 di Lapas Pamekasan, Upaya Membantu Warga Binaan Kembali ke Masyarakat

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news
Penutupan kegiatan program Rehabilitasi Sosial dan Medis tahun 2023 hari ini telah resmi di tutup oleh Seno Utomo, Kalapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Kegiatan program Rehabilitasi tersebut ditutup pada Kamis 28 September 2023 di aula Raden Dhaksena Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemkumham Jawa Timur.

Acara penutupan ini dihadiri Kakanwil Kemenkumham Jatim diwakili oleh Divisi Pas Jatim, Kepala BNNK Sumenep, Kodim Pamekasan, dan juga Stake holder.

Sebanyak 110 peserta yang mengikuti program rehabilitasi sosial dan medis yang diselenggarakan selama tahun 2023, dan di prosesi kegiatan penutupan tersebut merupakan momen penting dalam upaya rehabilitasi warga binaan.

Baca Juga :   Bendungan Tiu di NTB Mampu Tampung 60,8 Juta Meter Kubik Air

Penutupan kegiatan ini diawali
dengan pembacaan ayat suci alquran oleh perwakilan peserta rehabilitasi dan diselingi dengan pertunjukan kesenian musik tradisional ul daul Madura dan musik Band.

Orang nomor satu di lingkungan Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Seno utomo menyampaikan, ia ingin mengungkapkan apresiasi yang mendalam terhadap kerja keras semua pihak yang telah berperan dalam keberhasilan program ini. Tujuan utama dari program rehabilitasi ini untuk membantu warga binaan agar kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif dan bertanggung jawab setelah mereka selesai menjalani hukuman.

Baca Juga :   Masyarakat Diimbau tidak Gunakan Mobil Bak Terbuka untuk Takbir Keliling dan Mudik

” Kegiatan program rehabilitasi sosial dan medis ini memiliki tujuan untuk membantu warga binaan agar kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif dan bertanggung jawab setelah selesai menjalani hukumannya,” imbuhnya Kalapas Kelas IIA Pamekasan.

Warga binaan yang telah mengikuti program rehabilitasi medis menerima perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kesehatannya, sedangkan program rehabilitasi sosial yang melibatkan berbagai kegiatan ini sifatnya untuk mengembangkan keterampilan sosial dan kepribadian sekaligus memberikan pendidikan dan pelatihan agar warga binaan dapat kembali berkontribusi positif dengan masyarakat

Baca Juga :   Kapolres OKU Selatan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pancasila

Dipenghujung acara, Seno Utomo Kalapas Kelas IIA Pamekasan dengan simbolis pelepasan Kartu peserta dan pemberian Sertifikat Rehabilitasi kepada para warga binaan yang mengikuti kegiatan program rehabilitasi sosial dan medis.