Penuhi Tiga Indikator Penilaian, Desa Yayasan Morotai Berpeluang Juarai Lomba Desa tingkat Provinsi

Sambutan Ketua Tim Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Maluku Utara 2024

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai berpeluang menang pada ajang Lomba Desa tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut) tahun 2024.

Peluang ini lantaran dinilai Desa Yayasan telah memenuhi tiga indikator Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Malut 2024.

Diketahui, tiga indikator tersebut diantaranya: Penilaian Bidang Pemerintahan, Bidang Kebudayaan dan Bidang Pemberdayaan.

Ketua Tim Evaluasi Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Malut, Anwar Lefran kepada wartawan, Jumat (05/07/2024) mengatakan Desa Yayasan telah masuk dalam tiga Indikator Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan.

Baca Juga :   Tingkatkan Perkembangan Desa, Aparatur Desa di Morotai Ikuti Bimtek Penyusunan Profil Desa

“Tiga indikator titik fokus penilaian, dari presentase Kepala Desa (Kades) Yayasan tadi, ketiga bidang ini sudah masuk, semua itu sudah terlihat melalui Profil Desa Kelurahan, karena Desa Yayasan sudah memiliki Profil Desa,” tutur Anwar usai kegiatan Penilaian Lomba Desa di Desa Yayasan.

Ia pun menjelaskan bahwa, melalui Profil Desa juga telah menyajikan seluruh data, bahkan potensi desa juga kita sudah mengetahui melalui Profil Desa.

Namun diketahui, kata Anwar, semua aspek dinilai, baik dari penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan kemasyarakatan, maupun pelaksanaan pembangunan.

“Dari sisi pembangunan pun kita lihat, misalnya tahun ini apa saja yang dibuat oleh Desa Yayasan,” tuturnya

Baca Juga :   Pemkab Morotai Bahas Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah

Menurutnya, tahun 2024 yang berkompetisi ditingkat provinsi, ada dua desa, pertama Desa Kaiyasa di Tidore dan Desa Yayasan di Morotai.

“Mengapa hanya dua desa? kerena desa lain di Maluku Utara gugur karena syaratnya, harus evaluasi diri dan harus masuk dalam aplikasi EPDESKEL dari Mendagri. Kalau kita tidak evaluasi diri maka tidak muncul di website Kemendagri,” terangnya

Untuk itu, Anwar menghimbau kepada seluruh Desa di Maluku Utara agar segera melakukan penginputan Aplikasi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (EPDESKEL) tepat waktu.

Sekedar informasi, Lomba Desa tingkat Regional akan dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan Juli 2024.

Baca Juga :   Bawaslu Klaim Video Kades Cendana Arahkan Pilih Partai Politik Tidak Cukup Bukti, Kasus Diserahkan ke Pemda Morotai

“Kalau misalnya Desa Yayasan menang di Tingkat Provinsi maka berlanjut ke tingkat Pusat atau Regional, jadi Tim Pusat akan datang ke Desa Yayasan untuk melakukan evaluasi penilaian,” ujarnya sembari menutup
(Endi/Red)