Penampilan Tak Disaksikan Tuan Rumah FDR XXII, Kontingen Kabupaten Tetangga Kecewa

oleh

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Gempita kemeriahan Festival Danau Ranau XXII Tahun 2019 akan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 3 hingga 7 Juli 2019. FDR XXII akan diisi dengan berbagai pagelaran seni dan budaya juga lomba kicau burung dan acara lainnya.

Rangkaian kegiatan tersebut dipusatkan di dermaga Ponton, Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Pagelaran seni dan budaya sudah berlangsung sejak pembukaan FDR dan berlanjut hingga malam hari. Rabu (03-07-2019).

Sejak siang hari telah ditampilkan Kesenian Adi-adi yang merupakan salah satu kesenian khas daerah OKU Selatan. Kesenian Adi-adi berupa sastra tutur yang diiringi gitar tunggal dan biasanya diperankan oleh 1 orang. Ada 6 suku yang menampilkan Kesenian Adi-adi pada pembukaan FDR XXII yang diwakilkan oleh beberapa kecamatan.

Baca Juga :  Per 1 Januari 2020, Bupati OKU Selatan Harpakan Masyarakat Stop BAB Sembarangan

Terpantau di lokasi kegiatan FDR XXII tampak dihadiri pejabat dari pusat, provinsi maupun dari kabupaten tetangga seperti pejabat dari Pesisir Barat dan Way Kanan serta pejabat dari Kabupaten OKU.

Malam pertama FDR menampilkan pagelaran seni yang ditampilkan oleh peserta dari kabupaten tetangga. Salah satunya perwakilan dari Kabupaten Pesisir Barat menampilkan Tari “Jala ” yang menggambarkan tentang masyarakat Pesisir Barat mencari ikan dengan alat tradisional berupa Jaring Jala.

Baca Juga :  Keluarga Besar Wartaterkini dan SMSI OKU Selatan Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Namun, sangat disayangkan pada saat perwakilan dari kabupaten tetangga menampilkan kesenian khas daerahnya, tidak ada pejabat tuan rumah yang hadir untuk memberikan applaus ataupun menyambut kehadiran mereka.

Intan, salah satu penari dari Pesisir Barat (Krui) yang turut tampil pada malam itu mengatakan dirinya merasa senang bisa menampilkan tarian asli dari daerah Pesisir Barat dan dapat menghibur masyarakat Kabupaten OKU Selatan. Dia juga menyayangkan ketidakhadiran pejabat Kabupaten OKU Selatan pada malam itu.

Baca Juga :  Anggota DPR RI 2019-2024 Bersumpah Utamakan Kepentingan Bangsa dan Negara

“Kami bangga bisa menampilkan kesenian dari daerah kami dan bisa menghibur masyarakat OKU Selatan. Hanya saja kami sedikit kecewa karena penampilan kami tidak disaksikan oleh para pejabat dari pemerintah kabupaten OKU Selatan tapi masyarakatnya Alhamdulillah cukup ramai,” ucap intan.

Selain tidak hadirnya pejabat OKUS, pada event kali ini stan-stan yang disedikan juga terlihat kosong. Tercatat ada tiga belas stan yang kosong. Selain itu, tampak juga kurangnya perwakilan dari Kabupaten tetangga yang hadir dalam Festival Danau Ranau XXII ini. (Red)

Print Friendly, PDF & Email