banner 728x250

Pemuda Katolik Kembali Jaga Keamanan Sholat Jum’at di Masjid Agung Morotai

Morotai Malut, wartaterkini.news–Toleransi antar beragama terlihat semakin nyata di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara, di mana Pemuda Katolik konsisten membantu dalam pembagian makanan Jumat Barokah dan Pengamanan pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Agung Baiturrahman. Jumat (08/12/2023)

Hadir dalam pengamanan Sholat Jumat, Ketua Komda Pemuda Katolik Provinsi Maluku Utara Hendrikus Weridity, SE, Koord. Bidang Organisasi dan Kaderisasi: Yosef Latu, S.IP, dan Anggota Pemuda Katolik Komcab Morotai: Riki Mook, Wilibrodus Baluk, serta Kerin Tunyanan.

pada tanggal 08 Desember 2023 sebagai bukti kuatnya kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Pulau Morotai

Kegiatan ini sebagai bentuk wujud dan bukti kuatnya kerukunan umat beragama yang terjalin antara, pemuda Katolik terlibat langsung berbaur dengan Pengurus Masjis Agung yang mengamankan Arial Parkir dan pelataran Masjid Agung Baiturrahman Pulau Morotai.

Baca Juga :   Layangkan Panggilan Kedua, Kejari OKU Selatan Minta, Terdakwa Leksi Yandi Serahkan Diri

Terpisah Pastor Paroki Hati Kudus Yesus Daruba-Morotai, Christianus M Ohoiwutun mengapresiasi giat atau aksinya Pemuda Katolik bersama Pengurus Masjid Agung Morotai.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk mempererat tali persaudaraan sejati serta silahturami dan silaturahim antara umat beragama (Islam-Katolik) di Pulau Morotai, sehingga kedepannya kegiatan ini tetap terjaga-kontinue dan hari-hari Besar Umat Islam yang akan datang pada saat Sholat Idul Fitri dan Sholat Idhul Adha akan tetap dijaga oleh Pemuda Katolik Komcab Morotai,” tutur Pastor Paroki Morotai

Lebih lanjut Ketua Badan Takmir Masjid Agung, H. Abdul Karim, menerangkan bahwa pelaksanaan Sholat Jumat yang rutin dilaksanakan, kali ini tetap dan seterusnya diperkuat dengan konsisten hadirnya Pemuda Katolik Komcab Morotai dalam pengamanan Jamaah dan membantu membagikan makanan dan paket Jumat Barokah Kepada masyarakat sekitar Masjid dan Jamaah Sholat Jumat.

Sementara itu, Ketua Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik Provinsi Maluku Utara, Hendrikus Weridity, SE menegaskan bahwa momentum nyata ini adalah sebagai sebuah sarana menjalin kerjasama yang solid dan memupuk persaudaraan sejati diantara sesama anak bangsa terutama di Bumi Bibir Pasifik (Kabupaten Pulau Morotai).

Baca Juga :   Polsek Penukal Abab Amankan Dores Warga Prambatan Terduga Kasus Pencurian

“Melalui kegiatan ini juga, kami ingin mempererat tali persaudaraan sejati antarumat beragama, kami ingin menunjukkan bahwa toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Pulau Morotai, sangat kuat dan dapat terus dijaga,” ujarnya.

Koor Bidang Organisasi dan Kaderisasi Pemuda Katolik, Yosef Latu, S.IP menambahkan bahwa Morotai adalah miniaturnya Indonesia maka mari Wujudkan Kebersamaan, Merawat Keberagaman di Pulau Morotai.

“Sebagaimana yang telah dipesan oleh Yang Mulia Bapak Uskup Amboina, Mgr. Seno Ngutra (Pemimpin Umat Katolik Provinsi Maluku dan Maluku Utara) agar tetap Menjalin Kerjasama yang solid dan memupuk persaudaraan sejati antar umat beragama di Morotai mulai sejak dini dari anak-anak dan remaja lintas agama dengan program: “Satu Cinta_seribu Senyum Untuk Morotai” karena Morotai adalah Rumah kita Bersama sehingga perlu dilakukan aksi-aksi nyata secara kontinue dan damai,” Tukas Kajol sapaannya

Baca Juga :   Kominfo Raih Predikat Memuaskan dalam Penilaian SPBE 2023

Ia juga menuturkan, kegiatan ini menjadi pintu masuk untuk melakukan kegiatan Dialog Keagamaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk Moderasi Beragama di Pulau Morotai.

Pantauan media, setelah melakukan pengamanan di Masjid Agung, Pemuda Katolik Morotai kemudian mengikuti dan menyaksikan aksi kemanusian Morotai for Palestina yang digelar di Kawasan Morotai Study Sport Center. (Endi/Red)