Pemprov Sumsel Targetkan Capai Top 40 Inovasi Pelayanan Publik

Palembang,wartaterkini.news– Prestasi Sumsel yang menjadi top 99 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Nasional membuktikan adanya langkah nyata dari pemprov, pemkot, dan pemkab untuk memperbaiki pelayanan publik untuk masyarakat Sumsel.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru saat membuka acara Launching dan Simposium inovasi pelayanan publik Sumatera Selatan Tahun 2018 di Griya Agung,  Senin,  03/12/2018.

“Target kita selanjutnya yaitu Sumsel harus mampu memasuki top 40 pelayanan publik, dengan cara menambahkan inovasi yaitu suatu pelayanan publik jemput bola, yaitu dengan sistem mendatangi masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik,” katanya.

Baca Juga :  Mimpi Deru Melalui Pertandingan Sepak Bola U-22 Piala Gubernur Sumsel

Ia mengungkapkan bahwa Sumsel harus mampu menerapkan pelayanan publik yang murah, berbudaya, dan merata mencapai daerah-daerah terpencil.

“Hal yang paling penting adalah mengubah pola pikir para pelaku pelayanan publik agar melayani masyarakat dengan baik. Namun hal ini juga harus tetap diimbangi dengan masyarakat yang patuh akan administrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, Prof. Dr.  Diah Natalisa.  MBA., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal memperkenalkan pengembangan inovasi pelayanan publik di Sumsel sebagai wadah belajar dan berbagi pengetahuan tentang inovasi pelayanan publik bagi aparatur di lingkungan Pemprov Sumsel dan Kab/kota se-Sumsel.

Baca Juga :  Bentuk Penghormatan Terakhir, Alm. Letda Cpm I Kadek Adi Suhardiyana Diabu Secara Militer

“Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) merupakan simbol kerjasama antar lembaga yang mempunyai minat dalam pengembangan inovasi pelayanan publik,” ungkapnya.

Ia berharap bahwa pembentukan JIPP akan menumbuhkan inovasi, sebagai sarana dan pembelajaran dari inovasi yang telah dihasilkan oleh Indonesia. Namun hal ini juga harus dapat ditingkatkan di level Provinsi sehingga terwujud kemajuan yang merata di seluruh daerah Indonesia.

“JIPP bertujuan untuk memotivasi dan mendorong pihak penyedia layanan agar mampu memberikan pelayanan berkualitas melalui inovasi pelayanan publik,” katanya.

Baca Juga :  Sumsel Prioritaskan 15 Paket Perbaikan Jalan Tuntas H-15 Lebaran

Ia juga mengatakan bahwa berkaitan dengan hal ini, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi mengenai pelayanan publik melalui aplikasi SP4N LAPOR! yang dapat memperbaiki kualitas pelayanan publik.

Kegiatan ini dihadiri oleh 150 orang undangan, diantaranya yaitu Sekda Provinsi se-Sumatera, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan, Bupati dan Walikota di Provinsi Sumsel, Perwakilan OPD yang ada di Sumsel, 28 Unit Pelayanan Publik/OPD yang mengikuti sinovik inovasi pelayanan publik tingkat nasional tahun 2018, dan tim perwakilan Transformasi GIZ. (Cly/TM/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini