Pemprov Sumsel Beserta Kominfo Dan Media Berkomitmen Sukseskan Pemilu 2019

Palembang,wartaterkini.news – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika beserta Kaukus Media Se- Sumsel komitmen dan mendeklarasikan Siap sukseskan Pileg pilpres 2019 yang akan datang

Hal ini diutarakan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Diskominfo Prov. Sumsel Amrullah, SSTP, M.Si dalam sambutannya mewakili Gubernur Sumsel dalam acara Editor’s Forum dengan topik Media Bermartabat Untuk Pemilu Berkualitas di Hotel Aston Palembang Rabu( 31/10/2018).

Kami dalam hal ini Pemprov.  sumatera Selatan mengucapkan terimakasih kepada Kemenkominfo telah mengadakan acara ini yg mengumpulkan redaksi media cetak dan elektronik beserta jurnalis se sumsel untuk mendiskusikan maupun bertukar pikiran (sharing) agar semua media berperan aktif menginformasikan dan mendesiminasikan (menyebarkan) berita positif serta turut mengedukasi masyarakat untuk mensukseskan pemilu 2019

Tambah Amrullah.  sukses pemilu adalah tanggung jawab kita semua khususnya para jurnalis sebagai mitra pemerintah berharap agar para media memberitakan infomasi yg akurat dan berperan aktif ikut mengcounter berita hoax (berita miring) dan ujaran kebencian.

Baca Juga :  Dukung UMKM, Kominfo Sediakan Jaringan Internet Berkualitas di Desa

“ Media adalah merupakan corong informasi kepada masyarakat dan media juga sebuah lembaga alat desiminator (penyebar) informassi yg diharapkan pada dunia digital sekarang penyambung (komunikator) pesan pemerintah ke masyarakat tentang progres pembangunan pemerintah terlebih iven nasional pesta demokrasi pemilu 2019  diharapakan sebagai penyeimbang (balancing) berita maupun informasi di media” ujar Amrullah

Sementara itu Siti Meiningsih, Direktur Pengelolaan Media, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik dalam sambutannya mengutarakan, Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kaukus Media dan Pemilu yang bertujuan untuk mewujudkan pers yang menjadi penjaga keutuhan nasional dan menyajikan informasi yang membuka pemikiran dan meneduhkan masyarakat. Sebelumnya kegiatan serupa telah diselenggarakan di beberapa daerah, diantaranya Kota Surakarta, Kota Denpasar, Kota Makassar, Kabupaten Banyuwangi, Kota Banjarmasin dan yang terakhir yaitu di Kota Kupang.

Baca Juga :  Puluhan Kubik Sampah Di Kali Busa Mulai Di Bersihkan

“Oleh karenanya, diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dan serius dari semua pihak termasuk insan pers, untuk melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan Pemilu. Pers sebagai salah satu pilar demokrasi harus mampu memberikan peran yang mencerahkan dan mengawal pemilu secara fair. Ruang redaksi harus selalu dalam lingkaran ideal dalam pemilu, terbebas dari segala kepentingan kontestan pemilu itu sendiri. Kepentingan utama media adalah bagaimana kepentingan rakyat diperjuangkan, demokrasi dilaksanakan secara adil dan jujur” jelas Siti Meiningsih.

Baca Juga :  PMK Tidak Haruskan Pelaku E-Commerce Sampaikan NPW

Siti menambahkan, Jika pers sebagai media “mainstream” telah memainkan perannya dengan baik dan bertanggung jawab, maka dapat dipastikan bahwa pemilu yang memiliki jargon Luber serta Jurdil itu akan menghasilkan para pemimpin dan pengemban amanat rakyat yang memiliki integritas dan kompetensi yang sangat memadai untuk menjalankan pemerintahan yang bersih, baik dan melayani sepenuh hati.

Dalam acara Editor’s Forum tersebut diadakan acara Tanya jawab tentang Kaukus Media untuk suksesekan Pemilu 2019, adapun Nara Sumber diantaranya Agus Sudibyo, Kordinator Kaukus Media dan Pemilu, Freddy H. Tulung, Pakar Media, Bambang Harymurti, Mantan Wakil Ketua Dewan Pers dan Kombes pol bambang suminto, Karo Ops Polda Sumsel serta moderator Dwi Tri Waluyo, Redaktur Jaringan Pemberitaan Pemerintah (jpp go.id). (Fs/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini