Pemerintah Kota Palembang Raih Penghargaan Sebagai Kota Peduli HAM

Palembang,wartaterkini.news–Pemerintah Kota Palembang meraih penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan itu diserahkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan diterima Walikota Palembang Harnojoyo, di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Menkumham Yasonna menyebut penghargaan tersebut sebagai apresiasi negara kepada pemerintah daerah yang mengedepankan komitmen pemenuhan hak bagi warganya.

“Terutama hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan,” ujar Yasonna.

Baca Juga :  Stop Rokok Ilegal, Satpol PP Pamekasan Bakal Lakukan Operasi Pasar

Ia berharap penghargaan tersebut tidak membuat kepala daerah berpuas diri dan berhenti memenuhi hak masyarakat.

Justru, kata Yasonna, dengan memberikan anugerah pada tahun ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kepala daerah dalam bekerja untuk menjaga nilai-nilai HAM. Memotivsi untuk meningkatkan peran dan tanggungjwabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan dan penegakan dan pemajuan HAM.

Walikota Palembang Harnojoyo bersyukur kota ini meraih penghargaan. “Ini sebagai wujud bahwa Palembang kota yang betul-betul memperhatikan Hak Asasi Manusia, karena seluruh masyarakat Palembang harus mendapatkan perlindungan HAM,” katanya.

Baca Juga :  FajarPaper Dukung Program SCG Sharing the Dream 2022, Berikan Sejumlah 83 Beasiswa Untuk Pelajar di Kabupaten Bekasi

Menurut dia, dengan ditetapkannya Palembang sebagai Kota Peduli HAM, akan berdampak terhadap kepercayaan para investor dalam menanamkan modal di Palembang. Investor jadi semakin yakin, tidak salah memilih Palembang sebagai kota tujuan investasinya. Dengan demikian akan semakin banyak keuntungan yang didapat Palembang.

Kepala Bagian Hukun dan HAM Setda Kota Palembang, Rahmat, menjelaskan, Kota Palembang mendapatkan total nilai 81,56 sehingga mendapatkan predikat Kota Peduli HAM.

“Nilai tersebut di antaranya didapat dari Hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan,” kata Rahmat.

Baca Juga :  Ribuan Buruh di Kawasan Industri Kabupaten Bekasi Ikut Tes Swab Massal

Informasi yang berhasil dihimpun, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, tercatat 409 kabupaten/kota yang telah berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait upaya pemenuhan hak dasar yang telah dilaksanakannya.

Dari jumlah partisipan tersebut, sebanyak 271 kabupaten/kota meraih kategori Peduli HAM, dan yang masuk kategori kabupaten/kota Cukup Peduli HAM ada 75 kabupaten/kota. (Wahyu /Rel/Hidayatullah/toeb). (Tobari/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini