Pemdes Lusuo Morotai Bakal Lakukan Program Inovasi Tanaman Hortikultura

Foto Pj.Kades Lusuo dan Pokja Bupati Morotai

Morotai Maluku Utara,wartaterkini.news – Pemerintah Desa (Pemdes) Lusuo, Kecamatan Morotai Utara bakal melakukan Program Inovasi di Bidang Penanaman Tanaman Hortikultura.

Hal tersebut diungkap Pj.Kepala Desa (Kades) Lusuo Risno Buwolo, pada minggu (13-09-2020), dia mengatakan Pemdes Lusuo akan melakukan satu program inovasi di bidang Penanaman Hortikultura (Sayuran, Rica Tomat dan lain sebagainya).

Lanjut dikatakan, program inovasi tersebut seceptnya akan dikordinasikan dalam rapat bersama staf mulai dari Kaur hingga ke tingkat RT. Bahkan Pokja Bupati Pulau Morotai Wilayah Kerja Kecamatan Morotai Utara.

Baca Juga :  Jawaban Dr. H Moeldoko atas Permintaan Bupati Morotai

Selain itu, pihaknya mengaku bahwa program inovasi yang bakal dicanangkan di Desa Lusuo itu merupakan ide dan usulan Pokja Bupati Pulau Morotai Wilayah Kerja Morotai Utara Pak Zulham, guna bagaimana menjadikan Desa Lusuo sebagai Desa Hijau yang bergerak pada bidang penanaman hortikultura, untuk kebutuhan masyarakat Desa Lusuo.

Pokja Bupati Julham saat dikonfirmasi media, minggu (13-09-2020) sore, membenarkan soal Program Desa Hijau yang bergerak pada bidang pertanian yaitu Penanaman Hortikultura.

Baca Juga :  Berkat Gerak Cepat,¬† Terduga Penganiayaan di Minimarket Mojokerto Polisi Berhasil Mengamankan Pelaku

Menurutnya, konsep Desa Hijau atau Desa Hortikultura yang saya hidangkan ke Pemdes Lusuo dalam hal ini Pj.Kades Lusuo Risno Buwolo. Tak terlepas dari Program Pemerintah Daerah yang tertuang pada Peraturan Bupati No.23 tahun 2018 Tentang Penanaman Hortikultura buah-buahan, yang sudah dicanangkan beberapa bulan kemarin di beberapa Kecamatan Pulau Morotai oleh Pemda Morotai.

“Tetapi disini, dengan akan dicanangkan konsep Desa Hijau/Desa Hortikultura di Desa Lusuo, adalah dengan pemanfaatan perkarangan Rumah Warga, atau pe-RT/RW, untuk menanam Hortikultura jenis Sayuran, Tomat, Rica, Bawang, dll. Konsep ini (Desa Hijau) saya juga akan kordinasikan ke setiap Kepala Desa di Kecamatan Morotai Utara, sebagai wilayah kerja saya. Akan tetapi saya memulainya dari Desa Lusuo dulu”terangnya

Baca Juga :  Kapolres Magelang Bagikan Puluhan Ribu Masker Kepada Masyarakat

Konsep ini, selain dari memanfaatkan perkarangan Rumah untuk menanam sayuran, buah, tomat, rica,dll. pastinya, juga menjadikan lingkungan yang bersih dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.tutup Julham(endi/red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini