Pemda OKU Selatan Jadwalkan Pembelajaran Tatap Muka Pada Juli Mendatang

oleh -354 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menyusun sejumlah program pembangunan yang akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang melalui Musrenbang Pemkab OKU Selatan tahun 2022 yang berlangsung di Aula Dewan Kesenian OKU Selatan. Kamis (25-03-2021).

Pada Musrenbang tersebut berbagai kegiatan diusulkan salah satunya keinginan para pelajar yang mengharapkan pembelajaran tatap muka kembali dibuka.

Wafiq, salah satu Siswa kelas 8 SMPN 1 Muaradua menyampaikan langsung kerinduannya untuk kembali belajar bersama guru dan teman-temannya di sekolah.

Dikatakan Wafiq, pembelajaran melalui daring yang diterapkan selama ini memiliki berbagai kendala diantaranya kurang paham terhadap materi yang diberikan via group WA tiap kelas. Selain itu, metode ini juga terkendala jaringan yang kerap mengalami gangguan sinyal sehingga siswa kesulitan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Baca Juga :  Ratusan Honorer RSUD OI Keluhkan Gaji Dan Uang Insentif Tak Kunjung Dibayar

“Kami ingin sekolah kembali, belajar bersama guru dan teman-teman.”, Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Selatan, Zulfakar Dhani, S.Sos., saat disambangi awak media usai mengikuti Musrenbang mengatakan pemerintah daerah OKU Selatan telah melaksanakan rapat koordinasi terkait akan dilaksanakannya pembelajaran tatap muka bertahap melalui uji coba pertemuan tatap muka. Uji coba ini akan terus dipantau dengan melihat perkembangan kasus Covid-19 yang ada di wilayah OKU Selatan.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2020, Pemda OKU Selatan Gelar Rakor Persiapan Tahapan Pilkada

Selanjutnya pembelajaran tatap muka ini tentu akan dilaksanakan dengan persiapan yang matang. Guru dan tenaga pendidik wajib melaksanakan vaksinasi Covid-19 agar pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan pada tahun ajaran baru mendatang.

Pembelajaran tatap muka direncanakan dimulai bulan Juli 2021, sesuai arahan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Persiapan-persiapan yang akan dilakukan diantaranya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan seluruh guru dan tenaga kependidikan telah melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Zulfakar menjelaskan, vaksinasi untuk guru dan tenaga kependidikan di OKU Selatan berjumlah kurang lebih 6000 jiwa.

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas dan Keamanan Wilayah, Pemda dan Polres OKU Selatan Siap Bersinergi

“Namun kita lihat persediaan vaksin yang ada di OKU Selatan. Setelah itu, pemerintah ingin sekolah tatap muka bisa berlangsung pada Juli 2021, tentunya dilaksanakan dengan protokol kesehatan,”,Ujar Zulfakar.

Selanjutnya dari hasil pembahasan bersama yang dilakukan oleh dinas terkait, diputuskan bagi siswa kelas akhir seperti kelas VI dan IX dapat melaksanakan pertemuan tatap muka pada bulan April mendatang. Hal ini dikarenakan mereka akan menghadapi ujian kelulusan sekolah.

Sehubungan dengan itu, dinas pendidikan OKU Selatan akan mewajibkan seluruh guru yang mengajar di kelas tersebut agar dapat mengikuti vaksinasi sebelum dimulainya pembelajaran tatap muka. (Red)

Print Friendly, PDF & Email