Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih OKU Selatan Akan di Gelar Secara Langsung di Griya Agung

oleh -351 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan kembali menghadiri rapat pemantapan terkait kegiatan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih di Graha Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, Rabu (24-02-2021).

Adapun hasil dari rapat itu, yang semula pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih OKU Selatan diwacanakan akan digelar secara virtual (jarak jauh) namun berdasarkan rapat hari ini pelantikan tersebut akan digelar secara langsung.

Meski demikian, kegiatan ini tetap akan menerapkan protokol kesehatan ketat untuk menghindari penularan virus corona.

Hal itu dipastikan setelah Kemendagri mengizinkan Gubernur Sumsel, H Herman Deru untuk melantik secara langsung Bupati-Wakil Bupati terpilih yang akan dilaksanakan Palembang tepatnya di Griya Agung pada Jumat 26 Februari 2021.

Baca Juga :  Pemkab Morotai Diduga Takserius Tindaklanjuti Surat Ombudsman Terkait Pembayaran Rapelan CPNSD Tahun 2013

Pada pelantikan ini juga undangan yang hadir juga terbatas seperti Bupati-Wakil Bupati beserta istri, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Agama, serta Sekretaris Daerah (Plh. Bupati).

Untuk mengantisipasi undangan yang tidak bisa menyaksikan langsung dalam pelantikan tersebut, panitia berencana akan menyiapkan dua titik untuk menyaksikan kegiatan itu.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga rencananya dapat disaksikan langsung oleh masyarakat secara live streaming.

Baca Juga :  Meski Sempat di Guyur Hujan Tabligh Akbar Kecamatan Makakau Ilir Berjalan Khidmat

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru menyampaikan bahwa pelantikan akan dilakukan secara langsung dan telah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Salah satu yang menjadi pertimbangan terkait izin pelaksanaan pelantikan langsung ini diantaranya terkait masalah sinyal.

Herman Deru menyebut dirinya sengaja meminta izin kepada Mendagri untuk tidak menggelar pelantikan secara virtual karena tak ingin momen sakral terganggu gara-gara kendala teknis.

“Saya minta izin agar secara langsung atau tatap muka, pertimbangan saya khawatir ada gangguan sinyal saat pelantikan”,ungkap Deru.

Pertimbangan lain adalah tetap akan menimbulkan kerumunan massa di daerah jika pelantikan digelar secara virtual. Sementara pelantikan langsung hanya menghadirkan kepala daerah terpilih dan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga :  Pemerintah Daerah OKU Selatan Gelar Sosialisasi Produk Hukum Daerah

“Kerumunan massa di daerah pasti tidak terkendali, makanya lebih baik langsung tetapi undangan dibatasi”, kata dia.

Enam kepala daerah yang bakal dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara.

Pada hari yang sama juga, Herman Deru akan melantik penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir untuk mengisi kekosongan kepemimpinan kepala daerah. (Red)

Print Friendly, PDF & Email