Selasa, Januari 25, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaPejabat Pemkab Jepara Ikuti Rakor Secara Virtual dengan KPK

Pejabat Pemkab Jepara Ikuti Rakor Secara Virtual dengan KPK

Jepara Jateng, wartaterkini.news–Para pejabat teras di lingkungan Pemkab Jepara mengikuti rapat koordinasi (rakor) secara virtual dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (11/11/2021).

Rakor bertajuk pemberantasan tindak pidana korupsi terintegrasi itu, diikuti para pejabat Pemkab Jepara dari ruang telekonferensi kantor bupati Jepara.

Dalam rakor virtual bersama lembaga anti rasuah ini, hadir di antaranya Sekda Edy Sujatmiko, Inspektur Akhmad Junaidi, Kepala Disperkim Hartaya, Kepala DPMPTSP Hery Yulianto, serta Kepala Diskominfo Arif Darmawan. Sementara tampak di layar Ketua KPK Komjen Pol. Firli Bahuri, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca Juga :  Pemda OKU Selatan Segera Salurkan Bansos Ke-23.377 KPM 

Ganjar Pranowo mengawali sambutannya dengan memutar cuplikan video untuk memotivasi. Yakni saat dia tengah menjumpai sebuah truk dengan gambar dirinya di daerah Jawa Timur. Ketika ditanya Ganjar, sopir kendaraan itu mengaku bangga tak ada lagi pungli di jembatan timbang.

“Dia itu cerita bawa sayur ke mana-mana, ke seluruh penjuru Indonesia, dan tidak lagi merasa diganggu di jembatan timbang. Ter bayangkan ketika seluruh layanan itu kemudian bisa kita bersihkan,” ujar Gubernur.

Selanjutnya Gubernur mulai memaparkan materi. Dia membeberkan area-area yang punya potensi korupsi, ada APBD, pengadaan barang atau jasa, pelayanan publik, dan kepegawaian.

Baca Juga :  Pemdes Sumbersewu Gelar Sholat Ghaib Untuk Awak KRI Nanggala-402

“Harapannya dari pertemuan ini terdesain pemerintahan yang good governance dan clean government,” kata dia.

Kemudian dipaparkan bidang-bidang yang terdampak korupsi, maupun dampak yang dirasakan langsung. Yaitu biaya kesehatan dan pendidikan mahal, angka kemiskinan, besaran pajak, dan angka kriminalitas meningkat, serta pertumbuhan ekonomi melambat.

Lebih lanjut Ganjar berharap, agar seluruh kepala daerah dan kepala perangkat daerah bekerja sesuai ketentuan yang berlaku. Berikutnya membuat sistem layanan terintegrasi, menyosialisasikan budaya antikorupsi dan integritas, penguatan peran aparat pengawasan intern pemerintah, peningkatan komitmen perbaikan tata kelola dana desa, serta sinkronisasi data perizinan secara sistematik.

Baca Juga :  Video Conference Rakor se-Indonesia untuk Pemilu Damai dan Aman

“Sehingga kita bisa melayani masyarakat dengan lebih baik,” tandasnya.

Senada dengan Ganjar, Ketua KPK Komjen Pol. Firli Bahuri juga menegaskan bahwa korupsi menjadi pekerjaan rumah bersama untuk dilawan dan diberantas. Pihaknya pun telah merumuskan tiga strategi pemberantasan rasuah melalui metode pendekatan, yakni pendidikan masyarakat, pencegahan, dan penindakan.

“Kajian kita untuk memberantas korupsi, satu, kita harus hilangkan niat orang. Dua, kita harus hilangkan kesempatan orang, yang ketiga, adalah buat mereka takut,” tegas dia.(Eko/Red) .

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,289,305
Total Kasus
Updated on 25 January, 2022 11:11 am

Paling Populer

Headline News

error: Content is protected !!