Peduli Pendidikan Karakter, Ini yang Dilakukan Yonarmed 11 Kostrad

Magelang Jateng, wartaterkini.newsYonarmed 11 Kostrad melaksanakan kerja sama dengan Sekolah Kasih I Care Borobudur di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (04/09/2022). Kegiatan tersebut berupa pemberian Pendidikan Karakter dan dilanjutkan dengan memberikan edukasi rasa cinta tanah air.

Edukasi cinta tanah air dengan melaksanakan penanaman pohon serta melepaskan bibit ikan di aliran Sungai Purba Borobudur. Kegiatan edukatif ini mengusung tema “Parade Cinta Indonesia”.

Kegiatan diawali ucapan selamat datang dari Ibu Atik sebagai pendiri I Care, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Ibu Pertiwi” dan menari gembira bersama. Serta dilanjutkan penyerahan secara simbolis Pohon Gayam dan Kendi dari Ibu Atik kepada Komandan Batalyon beserta Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 3 Yonarmed 11. Penyerahan kendi diiringi Tarian “Panyugak Sanga Kala”.

Kegiatan edukasi dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon Armed 11 Kostrad Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra, S.I.Pem. Dengan didampingi Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 3 Yonarmed 11 Ny. Ayu Gde Adhy Surya Mahendra. Serta para Perwira Staf serta perwakilan Pengurus Persit Ranting 3 Yonarmed 11.

Baca Juga :  Pemprov Sumsel Siap Dukung Aksi Sosial Kegiatan PWRI

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membekali generasi muda terutama anak-anak yang mempunyai jenjang pendidikan SD sampai dengan SMP. Yaitu dengan cara membekali pengetahuan, mengenalkan alam dan menjaganya agar tetap lestari.

Menanam pohon untuk menyediakan sumber mata air 25-50 tahun ke depan serta melepaskan bibit ikan di Sungai Purba Borobudur adalah salah satu cara menjaga keseimbangan ekosistem alam.

“Ini merupakan wujud rasa bangga kami terhadap alam Indonesia dan Cinta Tanah Air, Tanah Airku Indonesia,” kata Danyoarmed.

Baca Juga :  Catatan Akhir Tahun 2019 Ketua PGRI Morotai, Untuk Gubernur Maluku Utara

Acara selanjutnya adalah menanam pohon Gayam dan pelepasan ikan di aliran Sungai Purba oleh Komandan Batalyon Armed 11 beserta istri dan perwakilan pengurus. Kegiatan itu juga merupakan bentuk kepedulian dari Batalyon Armed 11 Kostrad kepada lingkungan alam sekitar dalam menjaga keberlangsungan dan keseimbangan ekosistem di Sungai Purba.

Selanjutnya, Ketua Persit Ranting 3 memberikan materi kepada anak-anak tentang Cinta Tanah Air yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Di akhir acara Dengan disuguhi makanan khas yang diolah oleh anak-anak I Care, Prajurit, Persit dan pengelola I Care berkenan makan bersama.

Danyonarmed 11 Kostrad Mayor Arm Gde Adhy Surya Mahendra S.I.Pem mengatakan, “Cinta Tanah Air” merupakan wisata edukasi untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Serta kebanggaan masyarakat, khususnya generasi muda.

Baca Juga :  Bupati Musirawas Buka Musrembang Tingkat Kecamatan Tugumulyo

Di samping itu, wisata edukasi adalah salah satu metode yang sederhana namun sangat efektif dalam memberikan pendidikan. Sekaligus sebagai upaya meningkatkan komunikasi sosial serta sinergitas TNI dengan masyarakat.

“Ke depan kegiatan ini akan rutin kita laksanakan. Di mana sesuai dengan impian kita sebagai Prajurit Yonarmed 11 Kostrad akan langsung turun ke daerah-daerah dan memberikan edukasi tentang cinta Indonesia dan Rasa Cinta Tanah Air,” ujar Mayor Gde Adhy Surya.

Sehingga, lanjutnya, generasi muda akan memiliki bekal nilai nasionalisme yang kuat. Sinergitas TNI dengan rakyat tidak bisa dipisahkan.

“Karena salah satu jati diri TNI adalah tentara rakyat. Secara sederhana makna tentara rakyat adalah tentara yang berasal dari rakyat, berada di tengah-tengah rakyat dan berjuang untuk rakyat,” tegas Danyonarmed 11 Kostrad. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini