banner 728x250

Pastikan Kondisi Sehat WBP Pindahan dari Rutan Medaeng, Lapas IIA Pamekasan laksanakan BAP Kesehatan Awal

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news – Lapas kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan BAP Kesehatan terhadap 30 Warga Binaan layaran dari Rutan 1 Surabaya.

Kegiatan ini dimulai dengan melakukan pemeriksaan vital sign (Tekanan Darah, frekuensi nafas, frekuensi denyut nadi, suhu tubuh), pengkajian riwayat penyakit terdahulu dan penyakit saat ini, riwayat pengobatan dan terapi yang sedang dijalani, serta adakah riwayat penyakit infeksi tertentu (TB, Malaria, HIV, dan Hepatitis).

Pemeriksaan selanjutnya yakni skrining TBC, Skrining Hepatitis C, dan Pemeriksaan Rapid Test HIV. Selain itu juga dilakukan pengkajian tingkat adiksi Narkoba (ASSIST) dan pengkajian Kesehatan mental WBP.

WBP juga mendapatkan konseling pasca test HIV.

Dr.Kristianto, Dokter Lapas Pamekasan mengatakan Hasil dari BAP kesehatan kali ini ditemukan bahwa 1 WBP dengan riwayat Diabetes Melitus, 1 WBP dengan Hipertensi Post Stroke, dan 1 WBP dengan Asma.

“Pada saat dilakukan BAP kesehatan, seluruh WBP dinyatakan sehat,” katanya.

Baca Juga :   Kodim 0826 Pamekasan Gelar Kampanye Kreatif Penerimaan Prajurit TNI AD Tahun 2023 Di MAN 2 Pamekasan 

Menurutnya, BAP Kesehatan terhadap WBP layaran baru harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, sebagai bentuk pengkajian awal terhadap kondisi kesehatan WBP .

“Sehingga hak mendapatkan perawatan terhadap WBP tetap bisa diberikan,” tuturnya.