banner 728x250

Pastikan Keselamatan Penumpang, Satlantas Polres Magelang Kota Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

Satlantas Polres Magelang Kota melaksanakan Ramp Check kendaraan bus di PO Handoyo, Kota Magelang, Sabtu (18/05/2024). (foto: Atik)

Kota Magelang Jateng, wartaterkini.news Satlantas Polres Magelang Kota melaksanakan Ramp Check kendaraan angkutan umum secara berkala. Seperti dilakukan di sejumlah Garasi Perusahaan Otobus (PO) di wilayah Kota Magelang, Sabtu (18/05/2024) pagi.

Ramp Check ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan keselamatan penumpang dan kendaraan itu sendiri. Selain itu, guna memastikan terjaminnya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ), khususnya angkutan umum penumpang termasuk bus pariwisata. Sehingga kegiatan pengecekan tersebut akan meminimalisasi terjadinya gangguan perjalanan kendaraan dan kecelakaan lalulintas.

Tim Ramp Check Satlantas Polres Magelang Kota dipimpin oleh Kasatlantas Polres Magelang Kota AKP Krida Risanto, didampingi Kanit Dikmas Satlantas Aiptu Modric dan anggota Satlantas. Hadir pula Tim Penguji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Magelang yang dipimpin Danang Setiawan.

Baca Juga :   Danramil 04/Windusari Dampingi Bupati Magelang Canangkan Kampung KB

Hadir di Garasi Bus PO Handoyo, Jalan Soekarno-Hatta No. 18 Kota Magelang Tim Ramp Check diterima oleh Direktur PO Handoyo, Priyono. Dalam kesempatan itu Kasatlantas Polres Magelang Kota menekankan pentingnya manajemen pemeriksaan dan perawatan fisik kendaraan. Sehingga terkait kelayakan jalan atau beroperasi bagi unit kendaraan menjadi prioritas utama.

“Kemudian manajemen pengemudi dan kru kendaraan. Pastikan mereka memanfaatkan waktu istirahat dengan tepat. Sehingga saat mengemudi, benar-benar fresh dan sehat. Hal itu akan mendukung kejelian pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan sepanjang perjalanan,” kata AKP Krida Risanto.

Sementara itu Direktur PO Handoyo, Priyono mengucapkan terimakasih kepada Kasatlantas dan tim yang tidak bosan-bosannya secara berkala hadir memeriksa bus di tempatnya. Serta memberikan arahan dan imbauan demi keselamatan semuanya.

Baca Juga :   Pengelola Terminal Bekasi Lakukan Ramp Check Pastikan Keselamatan Pemudik Nataru

Kegiatan dilanjutkan pengecekan fisik sejumlah bus di garasi tersebut. Serta diberikan pengarahan kepada kru kendaraan yang saat itu berada di lokasi.

Kasatlantas Polres Magelang Kota melalui Kanit Dikmas Satlantas Aiptu Modric menyampaikan arahan bahwa Dirlantas Polda Jateng menekankan bus merupakan kendaraan umum yang harus mengedepankan keselamatan.

“Meskipun bus sudah dinyatakan layak jalan, namun krus kendaraan juga harus memanajemen waktu dengan baik. Pastikan cek kendaraan saat istirahat, dan gunakan waktu istirahat dengan baik. Jangan terlena bermain handphone. Karena Anda membawa banyak penumpang dan bertanggungjawab atas keselamatan mereka,” tegas Aiptu Modric.

Selanjutnya, Tim Ramp Check bergerak menuju Garasi PO Santoso dan diterima oleh Koordinator Karyawan/Pengemudi, Sugowo. Di lokasi ini dilakukan kegiatan yang sama guna memastikan keselamatan penumpang yang menggunakan jasa bus, baik untuk perjalanan maupun wisata.

Baca Juga :   Jalin Silaturahmi, Kapolres Metro Bekasi Berkunjung ke Babelan dan Tarumajaya

Diketahui, Ramp Check merupakan proses pemeriksaan kondisi fisik bus serta kelengkapan administrasi kendaraan. Serta perizinannya sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan atau tidak. Semua demi keselamatan dan kenyamanan bersama dalam menggunakan kendaraan umum. (Atik/Red)