Pastikan Bantuan Berkualitas dan Libatkan UMKM, Bupati Temanggung Sidak ke E-Warung

Guna memastikan bantuan berkualitas dan melibatkan UMKM, Bupati Temanggung H.M. Al Khadziq melakukan sidak ke beberapa e-warung di wilayah Kecamatan Kedu dan Parakan, Rabu (31/08/2022). (foto: KominfoTmg/Narwan WT)

Temanggung Jateng, wartaterkini.newsBupati Temanggung H.M. Al Khadziq melakukan inspeksi mendadak (sidak) peninjauan ke beberapa e-warung di wilayah Kecamatan Kedu dan Parakan. Sidak ini untuk memastikan bantuan sembako kepada masyarakat benar-benar berkualitas dengan harga wajar sesuai pasaran, serta melibatkan sektor UMKM dalam rantai pasokannya.

Sesuai edaran Tim Koordinasi Kabupaten, e-warung dapat menentukan sendiri supplier dari kalangan pelaku UMKM sekitar dan tidak boleh ada pemaksaan atau pemaketan dari pihak-pihak tertentu.

Baca Juga :  Bersama Persada Akmil 1992, Gubernur Akademi Militer Berikan Bantuan di Daerah Kolat

Namun Bupati Khadziq masih menemukan beberapa e-warung yang seolah dipaksa mengambil beras dari supplier tertentu, bahkan dengan harga lebih mahal dari harga pasaran. Terhadap hal ini, Bupati meminta Inspektorat dan Dinas Sosial untuk segera melakukan penyelidikan, jika ada pelanggaran harus ditindak.

“Kemarin belum ada perintah kepada e-warung untuk membagi sembako, tapi kok sudah ada supplier besar mengirim beras, ini membuat e-warung seolah dipaksa harus mengambil dari supplier tersebut. Jadi ini tidak boleh, harus diluruskan, e-warung harus memiliki kebebasan menentukan supplier diutamakan dari pelaku UMKM,” kata Bupati Khadziq, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga :  Kapolres dan Bupati Kepulauan Meranti Serahkan 400 Paket Sembako

Dikatakan, beberapa e-warung telah membagi sembako berkualitas baik dan sudah melibatkan supplier dari UMKM lokal. Beberapa di antaranya bahkan berani menolak pasokan sembako dari supplier tertentu yang kualitasnya kurang baik. Ditegaskan pula, agar dalam hal ini, e-warung perlu menerapkan prinsip 6T (tepat kualitas, harga, jumlah, sasaran, waktu, administrasi). (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini