Pasar Tarutung di Bangun

oleh -1.892 views

Tarutung Tapanuli Utara, wartaterkini.news– Pembangunan Pasar Tarutung telah dilaksanakan di Jalan Pasar Baru Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Melihat kondisi dilapangan para pedagang telah melakukan aktivitasnya dengan memindahkan barang jualan didepan ruas pasar tersebut.

Namun, imformasi beredar diduga memiliki kejangalan dalam proses pelelangan yang dilaksanakan melalui LPSE. Dana bersumber dari APBD Taput Tahun 2019. Pembangunan pasar tersebut direncanakan akan menelan anggaran milyaran rupiah.

Baca Juga :  Pemkab Musi Rawas Kembali Terima 2 Penghargaan

Seorang Kelompok Kerja (Pokja) Unit Layanan Pengadaan (ULP) Rudi Sitanggang membantah adanya pelanggaran proses pelelangan. Dirinya juga membenarkan bahwa pembangunan pasar Tarutung ada bersumber DAK APBD Taput Tahun 2019. Pelelang berjalan dengan berdasarkan aturan dan persyaratan LPSE. Dimana, Setiap perusahaan yang masuk melalui proses dan dievaluasi berdasarkan peraturan.

Saat ditanya? apa bisa Pejabat Penanggung jawab Anggaran (PPA) merangkap jabatan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)?

Baca Juga :  Salah Prosedur Mandikan Jenazah Di RSUD Djasamen Saragih, Keluarga Bawa Ke Jalur Hukum

“Bisa. PA/KPA menjabat PPK dan tidak perlu sertifikat diatur dalam Perpres no. 16 Tahun 2018. Apabila stafnya tidak ada yang mampu atau tidak memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa dari LKPP. Berdasarkan Peraturan Presiden memang diwajibkan memiliki sertifikat, Akan tetapi ada pasalnya PPA juga bisa menjabat PPK jika staf tidak ada yang mampu itu secara otomatis. Karena kadis juga sebagai PPA di dinas tersebut.

Baca Juga :  Dana Pemeliharaan Kantor Dinas Pertanian Taput di Pertanyakan

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Taput Gibson Siregar saat ditemui dikantornya tidak berada ditempat.

Salah satu staf menyampaikan bahwa kadis sedang rapat dikantor dewan. (Friska Panjaitan/red)

Print Friendly, PDF & Email