Paripurna LKPJ Kembali di Skorsing, Tiga Fraksi Sampaikan Mosi Tidak Percaya Terhadap Pimpinan DPRD Morotai

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Tiga Fraksi DPRD Pulau Morotai menyampaikan Mosi Tidak Percaya secara lisan terhadap pimpinan DPRD Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Ketiga Fraksi DPRD Morotai tersebut diantaranya, Fraksi PDIP, Fraksi Golongan Karya (Golkar) dan Fraksi Nasdem.

Penyampaian Mosi Tidak Percaya, lantaran dinilai pimpinan DPRD Morotai sepihak dalam mengambil keputusan menskorsing Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawan (LKPJ) Kepala Daerah dan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 oleh Pemerintah Daerah kepada DPRD Morotai yang berlangsung di Aula Kantor DPRD, Jumat (09/07/2021) malam.

Amatan wartaterkini.news, Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ sempat di buka secara resmi oleh Ketua DPRD Morotai, Rusminto Pawane, namun diawal paripurna, dua anggota DPRD Morotai, Fadli Djaguna dan Ruslan Ahmat langsung melayangkan interupsi dan terjadi aksi adu mulut serta aksi membanting meja sehingga tak menunggu lama Rusminto langsung menskorsing atau menunda paripurna tersebut.

Baca Juga :  Peringatan Nuzulul Qur'an, Dandim 1509/Labuha: Jadilah Pribadi Yang Berahlak Mulia

“Kami dari meja pimpinan meminta maaf, ini sebenarnya sesuatu yang terjadi biasa-biasa saja, tapi tentunya kami lembaga punya keputusan, sambil menunggu jadwal dan rapat di lembaga DPRD, dengan tidak mengurangi rasa hormat maka rapat pada malam hari ini kami skorsing,”ucap Rusminto

Menanggapi keputusan Ketua DPRD Morotai, ketiga Fraksi tersebut langsung angkat bicara dan menyampaikan Mosi Tidak Percaya terhadap Ketua DPRD.

Seperti hal disampaikan Ketua Fraksi Golkar, Mahmud Kiat, pihaknya meminta agar Rapat Paripurna penyampaian LKPJ tetap dilanjutkan karena sudah ada keputusan dari ketiga fraksi tersebut, selain itu yang melayangkan interupsi hanya kurang lebih dua Anggota DPRD.

“Kami meminta pimpinan buat rapat pimpinan dan lanjutkan Paripurna LKPJ ini, keputusan fraksi sudah keluar, pimpinan ko kaya begini, yang interupsi hanya satu dua orang ko paripurnannya di skorsing, kalau begini kami Fraksi Golkar sampaikan Mosi Tidak Percaya terhadap pimpinan DPRD,”kesalnya

Baca Juga :  Cuaca Ekstrim, Babinsa Koramil 1508 - 07/Wayabula Himbau Nelayan Agar Tidak Melaut

Menurutnya Paripuna penyampaian LKPJ merupakan perintah Undang-undamg karena batas waktu tinggal beberapa hari lagi, selain itu keputusan Tiga Fraksi yaitu Fraksi PDIP, Fraksi Golkar dan Fraksi Nasdem sudah keluar.

Hean Rakomole

Hal senada juga disampaikan, Hean Rakomole salah satu Anggota DPRD dari Fraksi PDIP, “jika malam ini Rapat Paripurna di Skorsing dan tidak dilanjutkan maka Fraksi PDIP juga menyampaikan Mosi Tidak Percaya kepada Pimpinan DPRD, sesuai surat Fraksi PDIP,”tandas Hean

Begitupun Deny Garuda yang juga Ketua Fraksi Nasdem, menjelaskan bahwa berdasarkan rapat Fraksi Nasdem, pihaknya mengatakan fraksi Nasdem sudah menyutujuan untuk dilaksanakan Paripurna LKPJ.

Baca Juga :  Sejumlah Dosa Kades Koititi Terungkap Hadapan Kadis DPMD Halsel

“Berdasarkan Rapat Fraksi Nasdem, saya rasa Fraksi Partai Nasdem sudah menyetujui, untuk itu dalam poin keputusan fraksi Nasdem, kita telah menyurat kepada pimpinan untuk segera menjadwalkan Paripurna LKPJ, maka hari ini tidak ada menunda-menuda atau skorsing Rapat Paripurna,”ujar Deny

Deny juga menegaskan, sebagai Ketua Fraksi Nasdem, pihaknya meminta agar paripurna Penyampaian LKPJ tetap dilaksanakan.

Selanjut, ketiga Ketua Fraksi tersebut memgabil foto bersama sebagai bentuk kritis Mosi Tidak Percaya terhadap Ketua DPRD Pulau Morotai.

Pantauan media ini, Rapat Paripurna diskrosing mulai pukul 21.30 WIT. namun hingga pukul 23.00 WIT. jumat (09/07) Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ tidak lagi dilanjutkan kembali sehingga para Anggota DPRD dan tamu undangan mebubarkan diri. (Endi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini