Pare Kulture Haritage, SMK CB Tampilkan Tema Budaya Gandrung Banyuwangi

Kediri, wartaterkini news- Pare kulture haritage yang digelar Pemkab kediri dalam rangka carnival budaya nusantara berlangsung yg meriah. Ribuan penonton memadati rute dan menyaksikan carnival yang menampilkan kebhinekaan Indonesia tersebut. Sabtu (14/9/2024).

 

OTari Gandrung Banyuwangi merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Tarian ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik. Tercatat, tarian ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Blambangan.

Pada zaman itu, tarian Gandrung masih diiringi oleh musik gamelan. Namun, seiring perkembangan zaman, musik pengiring Gandrung berubah menjadi gamelan jegog. Tarian Gandrung sendiri merupakan bentuk persembahan dan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Baca Juga :   Bendungan Bulango Ulu Gorontalo Ditargetkan Rampung Akhir 2024

Para penari juga memainkan peran penting dalam upacara adat dan kegiatan keagamaan di masyarakat Banyuwangi. Saat ini, Tari Gandrung Banyuwangi telah menjadi salah satu ikon seni budaya dari Banyuwangi, Jawa Timur dan sering dipentaskan dalam acara-acara penting di Indonesia.

Tari Gandrung kini telah menjadi bagian dari identitas budaya masyarakat Banyuwangi dan terus berkembang hingga ke seluruh Indonesia. Perkembangan Tari Gandrung Banyuwangi dari masa ke masa memberikan gambaran betapa pentingnya peran seni dan budaya dalam menggambarkan sejarah sebuah daerah, serta menunjukkan bahwa seni tradisional bisa terus hidup dan berkembang dalam modernitas zaman.